MTs Negeri 2 Tegal adakan Ujian Praktek Komputer

Tegal (Slawi) – Kepala MTs Negeri 2 Tegal melalui Kepala Laboratorium Komputer, Moch. Abdul Sakur mengungkapkan tujuan diadakannya kegiatan les komputer siang hari yang telah berjalan selama satu semester ke belakang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta didik agar mampu menguasai komputer khususnya pada aplikasi MS. Office,” ungkapnya ditemui Warior di ruang laboratorium komputer, Selasa (27/11).

Kegiatan les komputer siang hari sendiri, diikuti oleh seluruh peserta didik yang berjumlah 1.302 orang, dari 38 kelas, baik dari kelas VII, VIII, maupun IX tanpa terkecuali. Diampu oleh 17 guru/pegawai MTs Negeri 2 Tegal.

“Ya, Kebetulan kami fungsikan 4 dari 5 laboratorium komputer yang tersedia. Satu minggu sekali, 1 lab 1 kelas, bergantian sesuai jadwal, mereka mengikuti kegiatan ini. Untuk pengampunya sendiri, kami pilih dari guru/pegawai TU disini yang mempunyai kemampuan komputer dasar maupun lanjutan. Sehingga ketika menjelaskan kepada siswa tidak mengalami kendala,” tambahnya.

Kemudian mulai Senin kemarin (26/11) telah memasuki masa evaluasi, yakni ujian praktek komputer guna memperoleh nilai yang kemudian akan dituangkan pada sertifikat komputer untuk masing-masing peserta didik.

“Untuk pembuatan soal, kami bekerjasama dengan para guru pengampu sesuai dengan materi yang telah diajarkan selama 1 semester ini. Selain itu, salah satu tujuan ujian les komputer ini, dapat mengukur sejauh mana kemampuan peserta didik dalam menerima materi dan mengaplikasikan kemampuannya,” kata Sakur.

Berkaitan dengan materinya sendiri, tiap tingkatan kelas berbeda-beda. Kelas VII dengan materi pengenalan Windows dan Ms. Office Word, kelas VIII dengan materi MS. Office Excel, dan kelas IX dengan materi Ms. Office Powerpoint dan Coreldraw.

“Tiap tingkatan kelas, mereka akan menerima materi yang berbeda-beda. Sehingga diharapkan lulusan MTs Negeri 2 Tegal sudah memiliki ketrampilan menggunakan komputer, sekalipun itu masih dasar,” pungkasnya. (akb/rf)