MTsN Kab. Pati Siap USBN

PatiMGMP MTs se Kabupaten Pati menyelenggarakan kegiatan perakitan soal USBN untuk enam mata pelajaran meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, PPKn,PKn dan IPS, bertempat di MTsN 3 Pati, Sabtu (10/13/2018)

Kepala MTs N 3 Pati Teguh Santosa, memberikan bimbingan teknis penulisan soal ujian pada kegiatan yang telahdimulai sekitar tiga pekan yang laluiniyakni, mapel matematika dan PKn,PPKn di MTs N 1 Pati, dilanjutkan mapel IPA dan IPS di MTs N 2 Pati dan terakhir untuk mapel Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia bertempat di MTs N 3 Pati.

Pada kegiatan tersebut Teguh menyampaikan, untuk penulisan soal USBN setelah mendapatkan kisi- kisi secara umum dianalisa, diteruskan membuat pemetaan materi mulai dari C1 sd. C6 yang sudah di sempurnakan, kemudian di breakdown menjadi Peengetahuan/pemahaman, analisa dan Penalaran,ujarnya.

Selanjutnya, dibuat kisi-kisi penulisan soal USBN lengkap dengan kartu soal. kata dia,

Masih dalam kesempatan yang sama, dia menjelaskan, pada perkatan soal sudah ditetapkan urutan nomor soal melalui kisi kisi USBN, baik soal anchor yang jumlahnya 20% sd. 25% untuk setiap mata pelajaran maupun soal yang di buat MGMP maupun dari satuan pendidikan, terangnya.

Setelah itu, lanjut dia, dirakit kisi kisi penulisan soal USBN baru selanjutnya dirakit soal dengan yang disusun MGMP Kabupaten Pati.

Jumlah soal yang bervariasi untuk mapel-mapel Sosial dan bahasa 45 butir, 40 pilihan ganda 5 soal isian sedangkan matematika 35 butir serta mapel IPA 40 butir. Produk MGMP dalam perakitan soal yang berlangsung hari sabtu, 10 Maret 2018 berupa Soal Utama dan susulan K13 masing masing mapel dan soal Utama dan Susulan KTSP masing masing mapel, urainya.

Kisi USBN ada dua jenis yaitu KTSP dan K 13 sedangkan UN irisan KTSP dan K 13, pungkasnya. (santos/Athi’/bd)