Kakanwil berharap UN madrasah berbasis CBT

Karanganyar – Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah harus sesuai dengan aturan yang berlaku, tepat sasaran dan tertib dalam administrasinya. Dalam rangka pengawasan terhadap pengelolaan dana BOS Madrasah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Ahmadi melakukan kunjungan ke Madrasah yang terletak di jantung Kabupaten Karanganyar. Adalah MTsN Karanganyar, MAN Karanganyar serta Bank Penyalur BOS (PT. POS Indonesia Cabang Karanganyar) yang sempat dikunjungi oleh Ahmadi, Rabu, 8/4/2015.

Dalam kunjungannya ini, Kakanwil meminta masukan terkait dengan kelancaran pencairan dana BOS Madrasah. Tidak hanya di madrasah negeri yang sudah terdapat pada DIPA masing-masing, Ahmadi juga ingin mengetahui kelancaran dana BOS pada madrasah swasta.

Melanjutkan pembicaraan tersebut, Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad menjelaskan tentang kondisi penyaluran dana BOS yang dicairkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN)/Kantor POS sebagai bank penyalur BOS. Ini didapat Musta’in berdasarkan laporan yang bersumber dari Madrasah. Terkait hal ini, Kakanwil berjanji akan melihat efektifitas pencairan dana BOS melalui BTN/Kantor Pos.

Selanjutnya Kakanwil meminta agar semua unsur dalam penyelenggaraan kantor di manage/kelola dengan baik. Apakah unsur manusia nya, unsur gedungnya, unsur peralatannya dan unsur-unsur yang terkait didalamnya. Pengelolaan yang baik terhadap hal tersebut akan berdampak pada peningkatan kinerja pegawai di Lingkungan Kementerian Agama, sehingga tujuan pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dapat tercapai.

Saat memantau pembangunan beberapa gedung madrasah, Ahmadi mengatakan harapannya terkait ujian nasional berbasis komputer. “Saya ingin ada rintisan madrasah di setiap kabupaten yang bisa menyelenggarakan ujian nasional berbasis CBT (Computer Based Test). Dari sekarang mulai dipersiapkan semua infrastrukturnya, agar dalam waktu dekat kita dapat mewujudkan hal tersebut”, harap Ahmadi.

Diakhir kunjungannya, Ahmadi mengucapkan rasa terimakasihnya karena di Kabupaten Karanganyar kondisinya berjalan dengan baik, lancar dan kondusif. Dia juga berharap agar menjaga kebersamaan serta meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara daerah dan provinsi. (Hadi)