MTsN Sulang Adakan Nobar G30S/PKI

Rembang – MTsN Sulang bekerjasama dengan Koramil Sulang mengadakan nonton bareng (nobar). Nobar ini diadakan selama dua hari berturut-turut Selasa – Rabu (3-4/10) di aula MTsN Sulang.

Lebih dari 500 siswa tampak terkesima menyaksikan film yang berdurasi kurang lebih empat jam tersebut. Dengan penuh perhatian, peserta didik tampak menghayati setiap adegan yang terpampang di layar lebar tersebut.

Kepala MTsN Sulang, Warsan mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk memberikan edukasi kepada para peserta didik tentang sejarah pengkhianatan PKI yang melakukan aksi penculikan dan pembunuhan ke – 7 Tentara Indonesia pada akhir September 1965.

Menurutnya, selama mereka hanya mendengar sekilas tentang G30S/PKI tanpa mengetahui kejadian yang sebenarnya. Karena sudah puluhan tahun film ini jarang ditayangkan di layar kaca.

“Nobar ini merupakan kali pertama diadakan. Para siswa juga baru pertama kali menonton film ini. Walaupun lama, mereka tetap antusias menyaksikannya hingga selesai,” kata Srianto.

Warsan menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu pembelajaran bagi para peserta didik akan sejarah Indonesia di masa lampau. Srianto berpesan kepada peserta didik agar mengambil hikmah dari kegiatan ini.

“Setelah nonton film ini, siswa diharapkan turut berperan aktif mempertahankan NKRI dan Pancasila. Salah satunya adalah dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Srianto.

Penanaman nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa antara lain dengan belajar sungguh-sungguh. “Sehingga nantinya dapat berperan nyata turut melaksanakan pembangunan Indonesia,” pungkasnya. – mst/ss/bd