Muh Habib : Publikasi Tanggung jawab Bersama

Semarang – Sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian   Agama Nomor : SJ/B.VIII/2/HM.00/ 4044/2013 tentang Optimalisasi Tugas dan Fungsi Subbagian Informasi dan Hubungan Masyarakat dan Surat Edaran Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Nomor 523/Kw.11.1/4/HM.00/1/2017 tentang Kontribusi Berita Pada Website Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Kemenag Kota Semarang membentuk Tim Pengelola Website berdasarkan Surat Keputusan Kakankemenag Nomor 478 Tahun 2017 tanggal 10 Maret 2017.

Pada kegiatan yang dikemas dalam Rapat Koordinasi Tim, Kamis (16/03) di ruang Rapat kantor setempat, Kakankemenag Muh Habib menyampaikan bahwa website Kemenag Kota Semarang diharapkan dapat menjadi gambaran dari semua yang ada di Kemenag Kota Semarang. “Website harus dikelola dengan baik sehingga publik akan dapat mengakses setiap informasi, pelayanan, kegiatan dan prestasi di Kemenag,” harap Muh Habib.

Lebih lanjut Habib mengutarakan keinginannya agar Kemenag Kota Semarang sebagai Kemenag Kab/Kota terdekat dengan Kanwil Jawa Tengah hendaknya bisa menjadi tolok ukur bagi yang lainnya. “Kalau Kemenag Kota Semarang berprestasi, orang menganggap sudah biasa tetapi jika Kota Semarang mempunyai rangking rendah, akan dicemooh oleh yang lain,” ujar Kakankemenag.

Oleh karenanya Habib mengajak semua jajarannya untuk bersemangat dan ikut handarbeni terhadap website Kemenag Kota Semarang dan Kanwil Jateng. “Kita adalah bagian dari Kemenag, siapa lagi yang akan mempublikasikan citra Kemenag kalau tidak kita sendiri,” imbuhnya.

Habib berharap optimalisasi pengelolaan website dapat meningkat baik kuantitas maupun kualitas. Sebagai wujud pengawasan Tim pengelola website harus melaporkan berita yang sudah diunggah secara periodik tiap bulan kepada Kakankemenag. “Harus ada perubahan setelah kegiatan Rakor ini,” tegas Muh Habib.

Selaku narasumber Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Jateng Badrus Salam menekankan pentingnya membangun citra Kemenag melalui pelayanan dan publikasi. “Publikasi sangat berpengaruh terhadap citra sebuah lembaga,” tegas Badrus. Informasi yang diterima oleh masyarakat akan mempengaruhi pola pikir. Hal yang negatif akan sangat cepat merambah dan menyebar di masyarakat. “Jika tidak dipublikasikan, masyarakat tidak akan mengetahui prestasi dan kinerja Kemenag,” jelasnya.

Kasubbag informasi dan humas memaparkan berbagai contoh prestasi yang diraih Kemenag pada tahun 2016 antara lain penghargaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Award, Pengelolaan Badan layanan Umum (BLU) terbaik dan kepuasan jemaah haji selalu meningkat dari tahun ke tahun. “Mari kita tingkatkan publikasi melalui media, kita harus berubah menjadi lebih baik, tampilkan layanan dan prestasi Kemenag,” ajak Badrus Salam.

Sementara Gentur Rachma Indriadi memaparkan kaidah dan teknik penulisan berita yang harus dipedomani dalam menulis berita di website. “Berita adalah fakta, fakta diwakili adanya statement narasumber dan alurnya pun harus runtut,” jelas Gentur. Rajin dan gemar membaca menurutnya merupakan syarat bagi para penulis berita. “Menulis itu gampang. Latihan menulis berita ibarat latihan berenang, yang penting ada keberanian untuk menulis dan memulai berlatih,” pungkasnya.

Dalam laporannya Kasubbag Tata Usaha Labib menyampaikan bahwa kegiatan ini didanai DIPA Kemenag Kota Semarang Tahun Anggaran 2017 pada program Pembinaan Administrasi Informasi Keagamaan dan Kehumasan. Labib menjelaskan bahwa Undang-Undang 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik mengharuskan tiap badan publik memiliki informasi atau media yang dapat diakses masyarakat dalam hal ini website.

“Karenanya website sebagai media online sangat penting untuk dikelola secara serius dan profesional,” ungkap Kasubbag TU. Rakor bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta tentang pentingnya publikasi di Kemenag dan bagaimana kaidah penulisan berita website.

Tim Pengelola Website Kemenag Kota Semarang beranggotakan 23 personil, terdiri dari satuan kerja di lingkungan Kemenag, KUA, madrasah negeri, pengawas dan penyuluh. Tim ini bertugas membuat artikel/berita kegiatan dan informasi terkait pelayanan publik di lingkungan Kemenag Kota Semarang untuk dikirimkan ke website Kanwil Kemenag Provinsi Jateng dan website Kemenag Kota Semarang. (ch/gt)