Musta’in : Besok, jaga dan pantau untuk ramainya anak-anak di tempat penyembelihan hewan kurban

Surakarta –  Perayaan Idul Adha 1442 H di Kota Surakarta, pagi ini (20/07) dipantau langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov Jawa Tengah, Musta’in Ahmad. Beberapa titik lokasi masjid di Kota Surakarta, dikunjungi di antaranya Masjid Agung Pasarkliwon dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran Banjarsari.  Musta’in menemui takmir masjid dan mengecek langsung penerapan SE Menag No 17 Th 2021. “ Saya ucapkan terima kasih dan mengapresiasi kesadaran takmir masjid-masjid besar, utamanya yang menjadi rujukan di Kota Surakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Dalam kegiatan monitoring tersebut, Musta’in tak hanya menemui takmir masjid, namun juga mengecek tempat penyembelihan yang akan dilaksanakan esok di tanggal 11 Dzulhijjah. “Saya minta perhatiannya, tadi saya lihat banyak anak-anak yang ramai nonton sapi dan kambing,” tuturnya. Bagi anak-anak di perkotaan, adanya sapi dan kambing adalah sebuah kemewahan dimana hal tersebut biasanya ada di pedesaan.  “Anak-anak memandang itu sebagai hiburan, namun ini tidak ideal,maka saya harapkan untuk masjid-masjid yang akan melaksanakan penyembelihan besok agar ada pemantauan dan edukasi yang baik agar protokol kesehatan juga dapat diterapkan dengan baik,” tegasnya.

Musta’in juga menyampaikan terima kasihnya kepada penyuluh agama Islam yang telah sedia berada di lokasi pemantauan untuk melaksanakan tugas pemantauan sampai akhir hari tasrik. “Mudah-mudahan keikhlasan dan kesabaran kita dengan sholat di rumah, pelaksanaan kurban dengan segala keikhlasan, semoga Allah SWT memberikan ridho dan covid-19 segera berakhir,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Takmir Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Purwanto menyisipkan informasi dititipkannya Sapi atas nama Presiden RI di lokasi tersebut. “Iya, ini adalah kesekian kalinya Presiden RI menyerahkan Sapi untuk dikurbankan lewat Masjid Al-Wustho,”tuturnya. Seoerti tahun-tahun yang lalu, Presiden Jokowi menitipkan Sapi di 2 lokasi masjid yaitu Masjid Agung Surakarta dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran. Adapun serah terima simbolis akan dilaksanakan besok. (may/bd)