Mutu PAI Harus Ditingkatkan Agar Siswa Berakhlak Mulia

Kota Magelang Peningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Kantor Kementerian Agama Kota Magelang terus menerus selalu di upayakan.  Kasi Pakis Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Fathurrohim memimpin langsung jalannya Rakor di ruang kerja Seksi Pakis. Bertempat di Ruang Pakis Kantor Kementerian Agama Kota Magelang setelah mendapat amanah untuk mewakili Kakankemenag Kota Magelang karena tidak bisa hadir, ada tugas khusus yang tidak bisa di tinggalkan. Hadir dalam rakor tersebut seluruh Pengawas SD, SMP, SMA, SMK dan para Pengawas Madrasah serta stakeholder terkait.

Pada sambutannya Kasi Pakis menegaskan “Rapat koordinasi dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam sangatlah penting. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran di bidang keagaamaan yang diamanahkan pemerintah melalui Kementerian Agama. Tujuan mata pelajaran PAI  adalah meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah Allah SWT, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi” kata Fathurrohim, Kamis (20/05/).

Berbagai hal yang dibahas dalam rakor tersebut, diantaranya adalah bagaimana merencanakan kalender pendidikan khusus untuk mengoptimalkan mata pelajaran PAI dalam bidang baca tulis Al Qur’an.  “Baca tulis Al Qur’an sebaiknya dilaksanakan secara bertahap dan berjenjang serta berkelanjutan. Disamping itu juga dievaluasi secara periodik untuk mengetahui progres dan hambatan-hambatan yang terjadi dilapangan. Evaluasi juga berfungsi sebagai pedoman agar tetap berjalan sesaui dengan perencanaan dan standar pendidikan nasional”jelas Muawanah pengawas PAI Kankemeng Kota Magelang.

Salamun yang juga pengawas PAI dalam rapat tersebut menambahkan “masa pandemi covid-19 yang telah berjalan 1 tahun lebih ini menjadikan siswa-siswi kurang begitu mendapatkan pembelajaran mata pelajaran PAI dengan maksimal. Sistem daring yang diterapkan oleh pemerintah dalam kegiatan belajar bagi siswa berdampak terhadap kualitas hasil pembelajaran. Seyogyanya Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Kankemenag mengakomodir kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatan mutu Pendidikan Agama Islam”. (Ismahir/HS).