Observasi Kewirausahaan Peserta Didik MAN 1 Tegal ke Perusahaan di Tegal

Note : Maaf pak, ini masih kiriman mentah dari madrasah ya?. Penuhi dulu kaidah 5W + 1 H. Tiap statement berikan narasi pengantar untuk penjelsannya.

=====================================================================================================================

Tegal (Slawi) –  Peserta Didik MAN 1 Tegal melakukan kegiatan kunjungan Obserasi Kewirausahaan di dua perusahaan Besar di Kabupaten Tegal, yaitu Perusahaan Teh PT Gunung Slamat dan Pabrik Gula Pangkah (PG Pangkah) pada Senin (25/02) yang diikuti oleh 60 Peserta didik kelas XI. Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk atau wujud dari penanaman mental dan pembentukkan karakter bagi Peserta didik di bidang kewirausahaan.

Kepala MAN 1 Tegal, Nurhayati selalu mengarahkan kepada guru-guru, agar guru-guru selalu kreatif dan inovatif membentuk karakter anak melalui berbagai kegiatan yang positif dan edukatif. Tentu saja kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan yang dapat dipergunakan untuk bekal hidup peserta didik. Ada beberapa guru pembimbing yang ditunjuk dan dipercaya untuk mendampingi peserta didik menuju perusahaan tersebut.

Kelompok yang observasi ke PT Gunung Slamat 34 peserta didik, didampingi oleh 4 guru; Kusmirin sebagai ketua pendamping, bersama Slamet Riyadi, Nuryanto dan  Lukman. Sementara observasi ke PG Pangkah terdiri dari 26 Peserta didik diketuai oleh  Makmun bersama Dwi Hastuti L, dan Siti Rodhiyah.Ibu Kepala Madrasah memberikan fasilitas agar kegiatan observasi  berjalan dengan lancar.

Tujuan observasi secara harfiah adalah menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, mengambil kesimpulan yang disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah bahan pembelajaran atau studi. Beberapa hal yang dijadikan alasan mengapa sebuah observasi perlu dilakukan adalah untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan objek secara langsung dan jelas tanpa perlu mengira-ngira. Tujuan MAN 1 Tegal menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dunia usaha kepada peserta didik. Selain itu agar peserta didik MAN 1 Tegal termotivasi untuk belajar kewirausahaan. Peserta didik belajar mengenal dunia usaha di lingkungan Kabupaten Tegal. Pihak Madrasah sangat berterimakasih kepada PT Gunung Slamat Tegal dan PG Pangkah yang telah berpartisipasi dan bersedia membantu memberikan Pendidikan kepada masyarakat dalam hal ini MAN 1 Tegal. Karena tidak semua perusahaan besar di Kabupaten Tegal bersedia membantu memberikan Pendidikan Kewirausahaan kepada Peserta Didik. Bahkan Perusahaan ini secara bersemangat memberikan wawasan dunia usaha pada Peserta Didik MAN 1 Tegal. Berkeliling di bagian-bagian perusahaan sambil memberikan penjelasan dan pengarahan setiap sampai di suatu bagian.

Pengarahan dan penjelasan dunia usaha ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Peserta didik MAN 1 Tegal. Saat observasi banyak hal yang ditanyakan oleh Peserta didik untuk menggali data tentang perusahaan tersebut. Menurut Bapak H. Makmun selaku ketua rombongan: “…. Peserta didik banyak mendapatkan pengalaman dari industry /PG Pangkah yang merupakan industry besar sejak zaman Belanda ini”. Beliau menambahkan bahwa PG Pangkah ini ikut berjaza mensejahterakan masyarakat sekitar, contoh nyata keluarga besar beliau, kakek nenek, dan orangtuanya mendapat rejeki karena lahan beliau disewa PG Pangkah untuk menanam Tebu sebagai bahan dasar pembuatan Gula. Ada sebagian masyarakat cenderung memilih ikut lelang tanaman di petani langsung, Pihak perusahaan tidak perlu langsung terjun di sawah, nanti ada anggota masyarakat yang bekerja memberikan info-info jika ada masyarakat yang menanam Tebu. Ternyata PG Pangkah banyak memberikan manfaat diberbagai bidang.  Hal serupa juga disampaikan oleh salah satu peserta Observasi, Uswatun Hasanah kelas XI IPA Man 1 Tegal yang berasal dari Kesuben, Duren Sawit menyatakan: “……….saya senang sekali, akhirnya saya dapat mengetahui proses pembuatan gula, mulai dari tebu sampai menjadi butiran-butiran kristal gula”. Tanggapan lain disampaikan oleh Hilda Maesatunisa anak XI IPS 4 ; “….Saya baru tahu proses pembuatan gula. Ternyata ada perbedaan antar gula yang berbahan tebu murni dengan gula yang terbuat dari bahan campuran selain tebu..”.

Kegiatan observasi kewirausahaan  ini  disebut juga dengan Rikhlah Iqtisodiyah dalam Bahasa Arab. Yang diartikan sebgai kegiatan melihat-lihat perkembangan usaha/industri. Kegiatan ini mempunyai tujuan positif untuk membekali para peserta didik sebelum lulus dari MAN 1 Tegal.  Peserta didik diajari bahwa banyak sekali peluang usaha yang bisa dikerjakan peserta didik jika nanti sudah lulus dari madrasah dan hidup di tengah-tengah masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian peserta didik yang tidak mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Hali ini menyebabkan Peserta didik nantinya harus mulai berlatih mendiri dan bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sendiri khususnya dan keluarganya apabila kedua orangtuanya sudah benar-benar tidak mampu. Nah kegiatan kewirausahaan ini sangat membantu  Peserta didik, karena walaupun masih bersekolah dan saat lulus nanti peserta didik tidak buta dibidang dunia usaha.

Selain manfaat di atas ada manfaat lain dari kegiatan ini. Setelah pelaksanaan kegiatan observasi, peserta didik akan dibimbing membuat Karya Tulis yang berupa laporan hasil kegiatan Observasi Kewirausahaan sampai Peserta Didik mampu membuat dan menyusun Karya Tulis Ilmiah dengan benar. Peserta didik akan dilatih bekerja secara cerdas, Membuat Laporan tentang apa saja yang peserta didik lakukan dan apa yang diperolehnya selama kegiatan observasi berlangsung. Apa yang dilakukan akan membuahkan hasil yang bermanfaat bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Karena hasil dari karya tulis ini nantinya akan dikumpulkan dan dimasukkan sebagai bagian dari bahan bacaan/referensi di perpustakaan MAN 1 Tegal. (Dyah7/sochud)