Operator EMIS Sosialisasi Pengolahan Data, Informasi, dan Kehumasan Pendidikan Madrasah

Purwokerto – Dalam rangka meningkatkan kualitas data dan informasi Pendidikan Islam yang menjadi data acuan dalam perencanaan program dan anggaran di lingkup Ditjen Pendis khususnya pada satker Kankemenag Kabupaten Banyumas, Seksi Penma Kankemenag Kabupaten Banyumas mengundang para operator EMIS dalam kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Data, Informasi, dan Kehumasan Pendidikan Madrasah, Jumat (05/05/17) bertempat di d’Garden Hall & Resto Purwokerto.

Kegiatan tersebut diikuti 262 peserta dari operator EMIS RA/BA, MI Negeri/Swasta, MTs Negeri/Swasta, MA Negeri/Swasta, dan 1 pengawas madrasah  pada lingkungan Kankemenag Kabupaten Banyumas     .

Dalam paparannya, Kakankemenag Kabupaten Banyumas, Mughni Labib menyampaikan pentingnya kevalidan data Pendidikan Islam yang harus dilaporkan tepat waktu.  Hal ini menuntut operator-operator madrasah untuk melengkapi isian data, dimulai dari awal peserta didik masuk madrasah. Data EMIS merupakan salah satu data penting yang diperlukan dalam keberlangsungan sistem Pendidikan di Ditjen Pendis.” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Penma Ibnu Asaddudin dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini yaitu terwujudnya penguatan data dan informasi pendidikan Islam RA/BA, madrasah, dan pengawas pada Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Ibnu mengajak seluruh operator untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, “Pengentrian data menjadi tanggung jawab madrasah itu sendiri, dan lengkap tidaknya data akan berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pembelajaran di madrasah,” tambahnya.

Dengan kegiatan ini, para operator EMIS merasa sangat terbantu dengan penjelasan  yang diberikan dari para narasumber. Selain kepala Kankemenag yang memberikan materi Kebijakan Kemenag Pengelolaan Data Pendidikan Islam, juga hadir Bapak Agus Mahasin dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah yang memberikan 3 materi yaitu Review Data Semester Ganjil 2016/2017, Pemutakhiran Data EMIS, dan Pengembangan Sistem Pendataan EMIS.(hk/bd)