PAI Kemenag Klaten Fasilitasi Pembentukan Forum Takmir Masjid

Klaten – Berangkat dari belum adanya wadah yang dapat menampung aspirasi berbagai masalah, tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh para pengurus masjid, Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS Kemenag Klaten memfasilitasi Pembentukan Forum Takmir Masjid Kecamatan Jatinom.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al Hidayah Krajan Jatinom dengan menghadirkan seluruh takmir masjid se Kecamatan Jatinom, Kepala KUA, dan PAI, (27/9).

Kepala KUA Kecamatan Jatinom Sofyan Tsauri mengatakan, jelas bagi kita besarnya peranan masjid dan takmir masjid bagi kemajuan dakwah Islam. Sebab masjid adalah pusat kegiatan ibadah dan dakwah bagi kaum muslimin. Sementara para pengurus masjid dan takmir serta generasi muda secara khusus merupakan penggerak aktifitas yang ada di dalamnya. Maju tidaknya suatu masjid sangat erat berkaitan dengan kondisi pengurusnya.

Untuk mewujudkan ukhuwah di antara takmir masjid dan media untuk saling belajar, menggalang kerja sama untuk menyelesaikan problem umat di Kecamatan Jatinom, maka perlunya dibentuk Forum Komunikasi Takmir Masjid.

“Dengan dibentuknya Forum Komunikasi Takmir Masjid, maka sudah ada wadah yang dapat menampung aspirasi berbagai masalah, tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh para pengurus masjid,” kata Sofyan.

Lebih lanjut Sofyan mengatakan, pembentukan forum dilakukan dengan pemilihan wakil-wakil dari masjid yang ada di  kecamatan Jatinom agar nantinya bisa berkoordinasi lebih baik sehingga para takmir masjid bisa menjadi agen perdamaian.

Sementara itu PAI PNS Kemenag Klaten M Zuhri menambahkan, tujuan dibentuknya forum takmir masjid diantaranya guna mendorong perubahan pola pikir Takmir, mendorong pemanfaatan infak untuk dialokasikan tidak hanya di bidang fisik, namun kepada sosial kemasyarakatan.

“Selain itu juga wadah bertukar pikiran, silaturahmi, dan merekatkan ukhuwah islamiyah antar takmir masjid di Kecamatan Jatinom,” tambahnya.(ss_aj)