Pantau Penggunaan BOS dan PIP, Tim Monev Terjun ke Madrasah

Klaten – Demi kelancaran dan efektivitasnya penggunaan Dana BOS Madrasah serta pemanfaatan BOS dan PIP turun langsung mengadakan Monev (Monitoring Evaluasi) Dana BOS serta pemanfaatan PIP madrasah di Klaten mendapat kunjungan tim monev dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah yang bertempat di MAN 2 Klaten dilanjutkan ke MTs Ceper, (6/12).

Zaima dari Tim Monev Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah mengatakan, kegiatan  monitoring ini  dilaksanakan untuk memastikan apakah  dana BOS dan bantuan PIP dibagikan sesuai dengan prosedur, tepat sasaran dan tepat guna serta berapa persen realisasi serapan anggaran BOS dan PIP.

“Tujuan kedatangannya adalah untuk melihat sejauh mana pemanfaatan bantuan dana BOS untuk kelancaran proses belajar mengajar di madrasah. Selain itu tujuan monitoring dana BOS di madrasah adalah untuk mengetahui jumlah siswa penerima dana BOS. Mengetahui ketepatan penggunaan anggaran dan ketepatan pelaporan keuangan di madrasah,” ujarnya

BOS ini jelas juklak dan juknisnya dan dana ini berasal dari negara, maka penggunaannya harus sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku, segala sesuatunya harus tepat guna dan tepat sasaran.

Zaima mengapresiasi pihak madrasah yang menyambut baik kedatangan tim monev dan ia juga berterimakasih pengelola keuangan di madrasah terus melakukan komunikasi yang intens dengan pengelola keuangan di kemenag terhadap pengelolaan dana BOS.

“Kami datang bukan untuk mencari kesalahan tapi ingin meluruskan apa yang sekiranya belum tepat dan belum lengkap peruntukan dan pertanggungjawabannya,” jelasnya.

Selanjutnya Zaima mengingatkan agar penggunaan dana BOS dilakukan secara transparan dan akuntabel. Hal itu diakuinya  karena dana BOS merupakan bagian dari program utama pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara  itu, Musta'in Kepala MAN 2 Klaten menganggap  bahwa kegiatan monitoring ini sangat bermanfaat sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan jika terjadi kesalahan pada prosedur dana BOS dan bantuan PIP.  Mustain berharap semua Madrasah dapat memanfaatkan anggaran BOS dan PIP sesuai dengan Juknis yang telah ditentukan.

“Seluruh guru madrasah kiranya mengelola dana dan bantuan yang disalurkan dengan baik, utamanya kepada bendahara BOS madrasah agar memanages dengan baik, manfaatkan anggaran sebaik-baiknya,” imbuhnya

Kedatangan tim Monev Kanwil dalam rangka monitoring penggunaan dana BOS dan Program Indonesia Pintar (PIP) di beberapa Madrasah di Klaten diantaranya MAN 2, MA Al Mansyur, MTs Ceper, MTsN 7, MIN 2 dan MIM Cetan yang dilaksanakan selama sehari, yang dipusatkan di MAN 2 Klaten dan MTs Ceper.(aj/Wul)