Kepala Kankemenag Kab. Cilacap didampingi Kepala KUA Kecamatan Sampang memantau persiapan pembelajaran tatap muka terbatas di Ponpes Nurul Iman

Pantau Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Ka Kankemenag Cilacap Kunjungi Ponpes Nurul Iman

Cilacap-Meskipun kegiatan pembelajaran tatap muka masih  belum berjalan namun berbagai persiapan terus dilaksanakan dan dipantau persiapannya termasuk di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren. Terkait dengan hal tersebut Kepala Kankemenag Kab Cilacap, Imam Tobroni mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Islam Karang jati Kecamatan Sampang dalam rangka memantau persiapan kegiatan pembelajaran tatap muka dan mensosialisasikan gerakan 5M 1D, Jumat (03/09).

Kehadiran Ka Kankemenag yang didampingi Kepala KUA Kecamatan Sampang, Atful Munawar diterima Pengasuh Ponpes Nurul Iman, KH. Mohammad Jarir. Di Pondok Pesantren Nurul Iman Ka Kankemenag Kabupaten Cilacap, Imam Tobroni melihat persiapan kegiatan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Iman, KH. Muhammad Jarir  menyatakan bahwa kesiapan Ponpes Nurul Iman dalam menyambut pembelajaran tatap muka sudah mencapai sekitar 95%. Pesantren juga juga telah membentuk Tim Gugus Covid 19 di lingkungan Pesantren. Dari segi fasilitas Pihak Pesantren telah menyediakan berbagai sarana yang diperlukan seperti wastafel cuci tangan, termogun, spanduk himbauan kesehatan, hingga ruang isolasi. 

Imam Tobroni menyatakan, sesuai instruksi pemerintah lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren  akan diperbolehkan melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka jika berada di zona hijau. Namun menurut Ka Kankemenag, pihak pesantren selain membentuk tim gugus dan mempersiapkan sarana dan prasarana untuk pembelajaran tatap muka sesuai dengan protokoler kesehatan juga tidak kalah penting disiplin terhadap protokol yang ada..

” Untuk itu pengurus pondok pesantren perlu menerapkan kedisipilinan terhadap protokol kesehatan, sehingga kesehatan santri dapat dijaga.” Harap Imam Tobroni.

Ditambahkan Imam Tobroni, untuk persiapan ini juga harus koordinasi dengan tim gugus yang ada di wilayah setempat dan juga harus sesuai prosedur yang ditetapkan Pemerintah.

” Maka untuk itu perlu dipersiapkan untuk pelaksanaan pembelajaran tatap mukanya dan harus dilakukan sesuai prosedur dan ketentuan yang ada.” Sambung Ka Kankemenag.

Selain di pondok pesantren Nurul Iman Kepala KanKemenag juga berkunjung ke Pondok Pesantren Rodhotul Jinan Kroya yang disambut oleh pengasuh pondok,  KH. Akhmad Daelami. Di Pondok pesantren Raudhatul Jinan Ka KanKemenag juga meninjau pembangunan sanitasi pesantren bantuan dari Kementerian PUPR. (meip)