Patuhi SE Menag no 17, ASN Kemenag Rembang Tunaikan Salat Idul Adha di Rumah

Rembang – Segenap  ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang mengadakan salat Idul Adha di rumah masing-masing. Hal ini sesuai dengan imbauan Menteri Agama yang tertuang dalam SE Menag nomor 17 tahun 2021.

Dalam laporan whatsapp grup Kemenag Rembang, Kepala Kankemenag dan jajarannya serta Kepala KUA dan jajarannya, serta Kepala Madrasah beserta jajarannya sudah melaporkan kegiatan ibadah salat Idul Adha di rumah masing-masing. “SE tersebut kami tindak lanjuti dengan mengimbau semua ASN Kemenag Rembang untuk salat Idul Adha di rumah masing-masing,” kata Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah.

Fatah mengatakan, ibadah di rumah sebagai bentuk ikhtiar mengantisipasi penyebaran wabah Covid19 di Kabupaten Rembang. “Ikhtiar ini tentunya kita lakukan mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid19,” lanjut Fatah.

Kepala KUA kecamatan Kragan, Amin Musa mengatakan, dia beserta keluarga menunaikan salat Idul Adha di rumah. Menurut Amin, salat Idul Adha di rumah merupakan suatu bentuk kepatuhan warga, utamanya ASN Kemenag terhadap upaya pemerintah untuk menekan angka laju Covid19.

“Kita patuhi anjuran pemerintah untuk takbiran dan salat di rumah saja,” kata Amin.

Nasikun, Kepala KUA Kecamatan Sale mengajak isteri dan keempat putraya jemaah salat Idul Adha di rumah. Nasikun mengatakan, salat Idul Adha di rumah memberikan nuansa tersendiri. Hubungan kedekatan keluarga semakin terasa. Selain itu, suasana rumah terasa lebih sejuk dan religius.

Kendati demikian, ia berharap, pandemi ini segera berakhir. “Kita berdoa semoga tahun depan wabah sudah berakhir dan kita bisa bersilatuharim dengan saudara muslim berjamaah bersama di masjid,” harap Nasikun. — iq/qq