Pelaksanaan UNPK Harus Jujur

Kajen–  Melakukan validasi dan sinkronisasi data untuk peserta UNPK, pendataan oleh tim teknis harus sesuai komitmen yakni tepat waktu, tepat jumlah, sehingga pada saatnya nanti pelaksanaan UNPK Tingkat Ula, Wustha dan Ulya dapat berjalan lancar sesuai dengan kalender pendidikan. Data yang telah disepakati antara penyelenggara UNPK dari Kemenag dan dari Dinas Pendidikan, hal ini disampaikan Plt Kankemenag Kabupaten Pekalongan Imam Tobroni dalam acara rapat koordinasi persiapan ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK), Senin (27/02) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan.

Plt. Kepala Kemenag Kabupaten Pekalongan   Imam Tobroni mengatakan rapat koordinasi  diadakan, ” sebagai suatu langkah persiapan dalam menghadapi UN PPS Wajar Dikdas tahun ajaran 2016/2017 yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan, “tuturnya.

Menurutnya, Pendaftaran UNPK Paket B dan Paket C pada Pondok Pesantren dilakukan melalui dapodik, sementara pendaftaran UNPK Program wajar dikdas Wustha melalui EMIS dengan mekanisme sama seperti pendaftaran UN MTs.

Sementara itu, Plt. Kasi PD Pontren Kemenag Kankemenag Kab.Pekalongan  Muqodam memberikan arahannya, ” agar  pondok pesantren dalam mendata siswa peserta UN harus benar-benar memverifikasi kevalidan data siswa supaya nantinya tidak ada kesalahan dalam penulisan nama pada ijazah,” katanya.

Lebih lanjut, Plt. Kasi PD Pontren Kemenag Kankemenag Kab.Pekalongan  Muqodam memberikan arahannya agar pihak PPS dalam mendata siswa peserta UN harus benar-benar memverifikasi kevalidan data siswa supaya nantinya tidak ada kesalahan dalam penulisan nama pada ijazah.

Imam Tobroni menambahkan ”Tidak hanya itu, para pimpinan PPS juga dituntut untuk bersikap jujur dan menghindari kecurangan dalam pelaksanaan UN tersebut serta bisa bersama-sama menciptakan dan menyukseskan Pelaksanaan UNPK yang berintegritas,” imbuhnya.

Sampai saat ini, data peserta sudah siap mencapai 95%, data dari pondok pesantren juga sudah kami cocokan dengan data yang ada pada Dapodik, dan insya allah saat ini belum ada kendala yang begitu serius, kami pesimis pelaksanaan UNPK 2016/2017 akan berjalan dengan baik nantinya.(hf/rf).