Pembinaan ASN Bangun Komitmen Songsong 2022 Menuju WBK dan WBBM

Wonosobo – Dalam rangka percepatan Reformasi Birokrasi (RB) melalui pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Pada Kankemenag Kab. Wonosobo tahun 2022, Kankemenag Kab. Wonosobo undang tiga puluh ASN perwakilan tiap Satker untuk di lakukan pembinaan dalam rangka membangun komitmen bersama sukseskan program yang tengah dicanangkan. Pembinaan dilakukan pada hari Senin (7/6) di Aula Kankemenag Kab. Wonosobo.

Kegiatan di pimpin langsung oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, dan dihadiri oleh Kasubbag TU Mahbub, Kasi Bimas Islam Imron Awaludin, dan Kasi Gara Zawa Nawawi.

Dalam pembinaannya Ahmad Farid katakan, Kankemenag tengah mencanangkan program ZI dengan fokus peningkatan mutu SDM, “Kankemenag tengah mencanangkan program ZI dengan fokus peningkatan SDM yang unggul, Pelayanan yang Prima dan pelayanan bebas korupsi,” kata Farid.

Ia juga mengatakan, untuk mencapai kesuksesan dari program tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik dan komitmen setiap elemen, “program ini tidak akan terwujud tanpa melibatkan dan mengikat komitmen seluruh elemen yang ada di kankemenag secara menyeluruh sekaligus program ini tidak akan berhasil jika tidak diimbangi dengan Kompetensi serta produktifitas dan pemaksimalan jam kerja masing-masing ASN,” imbuhnya.

Hal lain ia sampaikan terkait identifikasi masalah penghambat ZI yang sudah disusun oleh tim inti ZI. Adapun indentifikasi masalah tersebut yakni adalah penyederhanaan birokrasi, kedisiplinan, upaya pencegahan gratifikasi dan korupsi, pelayanan publik yang ramah, sopan cepat, tepat, mudah dan berbasis IT, profesionalisme kerja dan penataan SDM, Pemenuhan sarana prasarana, komitmen terhadap regulasi, periubahan mindset dan budaya kerja, keterbukaan informasi, dan penguatan pengawasan.

Diakhir pembinaannya Farid tegaskan bahwa pelanggaran disiplin akan menjadi penyakit yang menghambat pencapaian ke ZI. Sekaligus menghimbau agar pelayanan publik ramah, sopan, cepat dan tepat dijadikan komitmen yang harus diakukan bersama.

Usai kegiatan tersebut berakhir, Nur Chalim salah satu ASN sekaligus pendidik di Madrasah Kecamatan Kaliwiro saat diwawancarai mengatakan, arahan dari Kakankemenag Kab. Wonosobo terkait komitmen dan kerjasama sukseskan program ZI akan dilakukannya dan diterapkan di wilayah kerjanya, “terimakasih dengan adanya pembinaan ini diharapkan akan ada dampak keberhasilan sosong program Kankemenag Kab. Wonosobo tahun 2022. Saya pribadi akan berusaha semaksimal mungkin apa yang tadi disampaikan insyallah akan saya lakukan,” tandasnya.

Menutup acara tersebut selanjutnya dilakukan penandatanganan Pakta Intergritas dan Surat Pernyataan Kesanggupan. Ps-ws