Pembinaan Pasca Haji dan Pengumpulan Donasi Gempa di Palu

Demak – Manusia yang paling baik di hadapan Allah SWT adalah manusia yang taat menjalankan perintah perintah-Nya dan menjauhi serta meninggalkan larangan-larangan Allah SWT, kalau Bahasa Alqur’an “Taqwa” hal ini disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kab. Demak Ahmad Samsudin pada Acara Pembinaan pasca Haji bagi Jemaah Haji Kabupaten Demak di Gedung IPHI Kab. Demak, Sabtu (06/10).

Samsudin mengatakan sesuatu yang baik apalagi ada hubungannya dengan Sang Kholiq (Pencipta) perlu dilestarikan dan selalu dijaga, sehingga akan mendapat predikat Taqwa dari Allah SWT.

Dihadapan 1.000 lebih jemaah Haji Kab. Demak Tahun 2018 Samsudin mengajak agar tetap semangat dalam ibadah kepada Allah SWT seprti salat, membaca Alquran, bersedekah membantu yang lemah, dll. “Dengan cara itulah Bapak/ Ibu bisa menjaga kemabruran Haji hingga akhir hayat. Karena Haji Mabrur tidak lain tidak bukan Pahalanya adalah Surga,” jelas Samsudin.

Ditambahkannya ada 3 tanda-tanda Haji Mabrur menurut Samsudin, pertama : Tanda Haji Mabrur orangnya lelalu menyebar kedamaian, menjalin kebersamaan, tidak senang dengan permusuhan dan pertengkaran, selalu bisa mengendalikan emosionalnya, Kedua : bicaranya selalu santun/datar, yang diceritakan yang enak-enak, tidak pernah bicara fitnah dan berita Hoak, dalam bahsa agamanya disebut Tibul Kalam, Ketiga : Hamuljian artinya tanda Haji mabrur selalu ingin berbagi kesejahteraan dengan sesama, peka terhadap orang yang membutuhkan pertolongan atau kesusahan.

Di acara tersebut dilaksanakan penggalangan dana untuk korban Gempa dan Tsunami di Palu, Donggala Sulawesi tengah, dengan waktu yang singkat terkumpul uang tujuh juta rupiah. “Ini termasuk tanda Haji Mabrur karena membantu meringankan beban saudara-saudara yang terkena musibah, semoga apa yang kita laksanakan mendapat Ridho dan Pahala dari Allah SWT,” katanya.

Sedang Kasi PHU Kemenag Kab. Demak Indah Rahmi Suciati kegiatan pembinaan Pasca Haji bagi Jamaah Haji Kab. Demak tersebut diselenggarakan berkat kerjasama dengan pemerintah Daerah (PEMDA) Demak, yang bertujuan agar semua jamaah Haji Tahun 2018 bisa melestarikan kemabruran Haji. (ms/gt).