Pembinaan Umat Budha di Karanganyar Berjalan Baik

Karanganyar – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Ahmad Nasirin mengatakan bahwa pihaknya sudah melaksanakan pembinaan bagi Umat Budha di Kabupaten Karanganyar secara maksimal. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Studi Agama Budha ke Vihara Dhammadipa Kota Batu, Jawa Timur, (08/12).

“Di Kabupaten Karanganyar kita sudah membina Umat Budha yang ada dengan baik dan maksimal sesuai peraturan dan anggaran yang kami miliki di Kementerian Agama. Kemarin kami mengumpulkan tokoh agama Budha untuk kita bina, kegiatan dialog keagamaan sebanyak tiga kali dan workshop di lingkungan Kanwil Kemenag Jateng”, ujar Nasirin.

Lebih lanjut Kepala Kemenag juga menceritakan peran tokoh agama Budha di Kabupaten Karanganyar dalam membina Kerukunan Umat Beragama. Disampaikannya bahwa Umat Buddha di Kabupaten Karanganyar sudah secara aktif bersama umat agama lain mendukung kerukunan di Kabupaten Karanganyar.

“Salah satu tugas tokoh agama adalah membina kerukunan di wilayahnya masing-masing, dan Alhamdulillah tokoh agama Budha di Kabupaten Karanganyar sudah secara aktif ikut menjaga kerukuan bersama tokoh agama lain didalam Forum Kerukunan Umat Beragama,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Ahmad Nasirin mengajak Tokoh Agama Budha yang mengikuti Studi Agama ini untuk menyebarkan kepada umatnya. “Semoga bisa dikembangkan terus ilmunya agar umat Budha di Kabupaten Karanganyar menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Kunjungan Kepala Kemenag ke Vihara Dhammadipa Kota Batu ini dalam rangka menemani Tokoh Agama Buddha yang melakukan Studi Agama ke Vihara Dhammadipa Kota Batu, Jawa Timur. Dalam kunjungannya tersebut, Kepala Kemenag dan rombongan diterima langsung oleh Ketua Yayasan Dhammadipa yang juga seorang Bhikku Kepala, Yang Mulia Jayamedho beserta pengurus dan mahasiswa yang belajar di Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) Kertarajasa Batu. (ida-hd/Wul)