Pembukaan KSM 2018 Kab. Karanganyar Berlangsung Khidmat

Karanganyar – Gelaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Karanganyar resmi dibuka pagi ini, Sabtu 12 Mei 2018 pukul 07.15 WIB oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad. Upacara pembukaan yang dilaksanakan di halaman MTsN 5 Karanganyar berlangsung tertib dan khidmat.

Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2018 diikuti oleh seluruh siswa – siswi Madrasah dan Sekolah di Kabupaten Karanganyar. Disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Siti Muzayanah selaku Ketua Komite KSM Kabupaten, kegiatan ini diikuti oleh 128 siswa MI, 72 siswa MTs, 3 siswa SMP dan 24 Siswa MA.

“Total seluruh peserta KSM Tahun 2018 ada 227 siswa”, kata Siti Muzayanah dalam laporannya.

Seleksi KSM Kabupaten/Kota dilaksanakan serentak secara Nasional dengan menggunakan tes berbasis kertas pensil, siswa – siswi terbaik hasil seleksi ditingkat kabupaten/kota per bidang studi akan diikutkan dalam KSM tingkat Provinsi. Bidang studi yang dilombakan antara lain: Matematika dan Sains IPA untuk MI/SD. Matematika, IPA dan IPS untuk MTs/SMP. Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi untuk MA/SMA.

Dalam sambutannya, Musta’in Ahmad menyampaikan, modal utama dalam berkompetisi ini adalah percaya diri. “Mereka yang mempersiapkan diri dengan baik dan bisa mengelola potensi yang ada pada dirinya, dialah yang akan memenangkan persaingan,” ucap Musta’in.

Ajang KSM ini juga merupakan sarana silaturahmi dan saling mengenal antara siswa madrasah yang satu dengan yang lain. “Karena kalian semua adalah calon pemimpin, kalian semua siswa-siswi terbaik dari madrasah masing-masing yang akan menjadi pemimpin di Kabupaten Karanganyar di masa mendatang”, lanjutnya. 

Musta’in Ahmad juga berpesan kepada kepala madrasah yang hadir, agar senatiasa memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didiknya. “Mereka adalah aset yang harus dimotivasi dan dijaga,” pesannya.

Diakhir sambutannya, Kepala Kankemenag menyampaikan selamat berkompetisi, selamat ber-Fastabiqul Khoirot. Mudah-mudahan Allah meridhoi. (ms-hd/Wul)