Pemerintah Dorong Masyarakat Gemar Membaca Al Quran

Karanganyar – Pemerintah Kabupaten Karanganyar bersama Kementerian Agama dan jajarannya mendorong masyarakat agar gemar membaca Al Qur’an. Hal ini disampaikan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam pembukaan itikaf dan semaan Al Qur’an di Masjid Agung pada Kamis Malam, (15/06).

“Pemerintah terus mensosialisasikan agar Al Qur’an terus dibaca dan menjadi pedoman bagi umat Islam, dapat mencerdaskan dan menginspirasi pembacanya sehingga kehidupan di Kabupaten Karanganyar menjadi lebih baik lagi”, kata Juliyatmono

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa dengan membiasakan menyemak Al Qur’an, hal itu juga berperan dalam memberi kesempatan bagi tahfidz untuk menjaga hafalannya. “Inilah cara kita dalam menjaga Al Qur’an seperti yang sudah difirmankan oleh Allah SWT. Kami yang menurunkannya, dan kami yang menjaganya. Semoga dengan menyemak semakin meningkatkan minat baca al quran”, tandasnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Karanganyar juga mengatakan bahwa pemerintah sudah memberi apresiasi kepada hafidz-hafidzah yang ada di Kabupaten Karanganyar. “Sekitar 4000 anak di Kabupaten Karanganyar yang sudah hafal Al Qur’an baik yang 30 juz, 20 juz, 10 juz sampai 3 juz. kita hargai mereka dan memicu agar lebih ditingkatkan lagi”, terang Bupati.

Tidak lupa Bupati Juliyatmono juga mengapresiasi Kemenag beserta jajarannya dan Baznas yang telah maksimal dalam kegiatan keagamaan di Bulan Suci Ramadhan ini.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad yang menyampaikan laporan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan itikaf dan semaan Al Qur’an ini akan berlangsung selama 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan. Disamping dari unsur pegawai Kemenag dan KUA serta satuan kerja Pemkab, peserta juga dipenuhi oleh masyarakat dan ormas di Kabupaten Karanganyar.

“Setiap peserta yang mengikuti itikaf di masjid agung ini akan mendapatkan fasilitas dari panitia, diantaranya adalah hafidz yang akan membaca Al Qur’an 10 juz semalaman, serta makan sahur bersama”, ucap Musta’in.

I’tikaf ini merupakan serangkaian kegiatan yang digalakkan oleh Bupati Karanganyar dengan Kementerian Agama sebagai pelaksananya. Selama sepuluh hari I’tikaf ini, ada beberapa Hafidz/Penghafal yang membaca ayat suci Al Qur’an sepuluh Juz tiap malamnya mulai dari pukul 22.00 WIB sampai sekitar pukul 03.00 WIB. Semua unsur Kemenag dilibatkan dalam i’tikaf tersebut, baik dari Kantor, KUA, hingga Madrasah. (ida-hd/Wul)