Pemotongan Pita Tanda Dimulainya Pembangunan Gedung MTsN 5 Demak

Demak –  Acara ceremony pemotongan pita oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Demak sebagai tanda dimulainya penanaman tiang pancang pembangunan gedung ruang kelas baru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Demak Rabu kemarin (28/07/2021) berlangsung.

MTsN 5 Demak adalah satu-satunya madrasah berstatus negeri yang ada di wilayah Kecamatan Bonang. Madrasah yang saat ini dipimpin oleh Nur Kamsan ini, adalah satu diantara empat Madrasah Tsanawiyah yang tahun ini mendapat bantuan anggaran pembangunan gedung dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Tiga madrasah lainnya yaitu MTsN 1 Demak, MTsN 3 Demak dan MTsN 6 Demak.

Untuk mengawali proses pembangunannya, hari ini diadakan acara pemotongan pita sebagai tanda dimulainya penanaman tiang pancang. Acara berlangsung di lokasi dimana gedung itu akan dibangun dihadiri oleh Kepala Kankemenag, Kasi Pendidikan Madrasah, Forkopimcam, Kepala Desa dan Ketua Komite Madrasah.

H. Nur Kamsan dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dibangunnya gedung itu adalah untuk mencukupi kekurangan ruang kelas seiring bertambahnya siswa. “Alhamdulillah di tahun ini kekurangan itu akan bisa teratasi seiring difungsikannya gedung baru ini nanti,” ucapnya. Ia menambahkan,  bahwa sesuai rencana gedung itu nanti akan dibangun 2 lantai, yang terdiri dari 6 ruang kelas, 1 ruang transit guru dan 1 ruang sanitary. “Sesuai rencana akan selesai dalam waktu 145 hari,  atau berakhir pada tanggal 30 November 2021 mendatang,” tambahnya.

Dalam sambutan, H. Ahmad Muhtadi menyampaikan apresiasi kepada kepala madrasah beserta jajarannya yang telah berhasil mendapatkan bantuan itu. Selanjutnya ia berpesan, “Bekerjalah sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya. Kalau berjalan sesuai dengan relnya,  Insya Allah selamat dan berkah.” Usai sambutan dan doa dilakukan pemotongan pita oleh Kepala Kantor didampingi oleh tamu undangan. 

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Asrama MTsN 3 Demak

Sementara itu di hari sebelumnya, MTsN 3 Demak  sebagai salah satu madrasah yang tahun ini juga mendapat bantuan anggaran dari SBSN,  menyelenggarakan acara peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya proses pembangunan. Agar proses berjalan lancar dan selamat, Selasa (27/07/2021) bertempat  di ruang pertemuan lantai 2,  digelar doa bersama. Acara dihadiri oleh Kepala Kantor, Kasubbag TU, Kasi Penmad, Kajari Demak, Forkopimcam Karangtengah, Ketua Komite Madrasah dan tamu undangan.

Menurut Hj. Rodliyah, selaku Kepala Madrasah menyampaikan, bahwa gedung lantai 3 yang sedang dibangun itu nantinya akan diperuntukkan bagi siswa boarding. Ini sejalan dengan program madrasahnya yang membuka kelas unggulan boarding tahfidz dan sains, yang mana saat ini telah memasuki tahun kedua. 

Adapun prosesi peletakan batu pertama berlangsung usai acara doa, dilakukan secara berurutan oleh Kepala Kankemenag, Kajari Demak dan Kepala Madrasah disaksikan oleh tamu undangan yang hadir saat itu.   ms