Pembinaan Mental Bagi Muallaf

Batang – Dalam rangka mengalokasikan dana zakat Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Batang kepada para muallaf, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kementerian Agama, bekerja sama dengan Pokjaluh Agama Islam Kantor Kementrian Agama Kabupaten Batang, mengadakan kegiatan pembinaan mental agama bagi muallaf, di halaman Masjid desa Kedawung Kec. Banyuputih pada 06/01. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, para pejabat dilingkungan Kementerian Agama, ketua MUI Kabupaten Batang, Muspika Kecamatan Banyuputih, kepala KUA Kecamatan se-kab. Batang, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Penyuluh Non PNS Kecamatan Banyuputih dan Kepala Desa Kedawung.

Ketua Panitia Mahmudah, memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan  program UPZ Kementerian Agama Kabupaten tahun 2017 yang bertujuan untuk menyalurkan dana zakat kusus Asnaf muallaf sekaligus untuk membina serta menjalin tali silaturahmi antar Muallaf yang ada di Kabupaten Batang yang jumlah muallafnya sekitar 50 orang lebih.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang Nor Rosyid berpesan, agar muallaf senantiasa bersyukur kepada Allah SWT karena telah mendapat hidayah dari Allah dan hendaklah rajin menuntut ilmu sedikit demi sedikit dan bertahap, karena menuntut ilmu itu hukumnya wajib, katanya.

Lebih lanjut Nor Rosyid mengatakan bahwa, program pembinaan muallaf selanjutnya akan dilakukan secara berkesinambungan di masing-masing kecamatan dengan melibatkan para penyuluh agama Islam dan tokoh agama, para alim ulama dan para kyai setempat, diisi dengan materi terutama berkenaan dengan ibadah, fiqih Islam dll.

Para peserta yang berjumlah lebih kurang 50 orang muallaf, sangat antusias mengikuti acara pembinaan muallaf yang tahun ini yang dikemas dalam bentuk pengajian umum bekerjasama dengan Forum Majelis Taklim Kecamatan Banyuputih dengan menghadirkan pembicara Sam’ani dosen IAIN Pekalongan.

Dalam kesempatan itu pula selain para mualaf menerima bantuan uang dari UPZ Kementerian Agama Kabupaten Batang juga diberikan bingkisan dari Aghniya berupa perangkat sholat seperti sarung, mukena dan sajadah. (Masykur/rf).