Penghulu Harus Mempunyai Dedikasi Yang Tinggi Dalam Mengemban Tugas Dalam Masyarakat

Wonogiri – Untuk meningkatnya kemampuan keterampilan Penghulu dalam pengelola administrasi kepenghuluan serta mengetahui problematika penilaian angka kredit untuk menempuh kenaikan pangkat para penghulu di KUA Se kabupaten Wonogiri, Kelompok Kerja Penghuluku Kankemenag Wonogiri menyelenggarakan kegiatan Workshop adsministrasi kepenghuluan, Senin (05/11) di Aula Kankemenag Wonogiri yang di ikuti seluruh penghulu di  kota gaplek.

Plt. Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri, H. Wahid Arbani dalam arahannya menyampaikan bahwa Sesuai komitmen bersama bahwa KUA sebagai etalase harus menjadi momentum pelayanan terbaik kepada masyarakat, mengingat KUA Sebagai ujung tombak pelayanan di tingkat kecamatan dipandang masyarakat sebagai cermin kualitas pelayanan Kementerian Agama, sehingga wajar jika KUA dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Sebagai garda terdepan di KUA Penghulu mempunyai tugas fungsi yang banyak, sehingga  dengan kegiatan ini di harapkan meningkatkan kemampuan dan keterampilan JFT Penghulu dalam mengelola administrasi Kepenghuluan. Selain itu untuk  membentuk tenaga-tenaga kepenghuluan yang handal, profesional, dan punya dedikasi yang tinggi dalam mengemban tugas ditengah masyarakat.

“Tantangan yang dihadapi penghulu saat ini adalah bagaimana upaya meningkatkan pelayanan dan konsultasi nikah rujuk (NR), serta pengembangan kepenghuluan secara baik dan optimal. Peningkatan pelayanan dalam pencatatan dan konsultasi (NR) serta pengembangan kepenghuluan akan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, apabila didukung oleh kinerja penghulu yang profesional,” Jelas Wahid Arbani.

Jabatan fungsional penghulu menurut Wahid Arbani, merupakan salah satu cara untuk membina karier dan peningkatan mutu profesionalisme PNS yang berorientasi pada prestasi kerja. Sehingga tujuan untuk mewujudkan PNS sebagai aparatur negara yang berdaya guna dan berhasil guna dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan akan dapat tercapai. Dalam pelaksanaan tugas jabatan fungsional didasarkan kepada keahlian atau keterampilan tertentu dan bersifat mandiri.

Sedangka menurut Ketua Pokja penghulu Kankemenag Wonogiri, Sungkono hasil yang ingin dicapai yang pertama semakin meningkatnya kemampuan keterampilan Penghulu dalam pengelola administrasi kepenghuluan termasuk memahami dan mengurai kesulitan pembuatan PAK. yang kedua, membentuk tenaga-tenaga kepenghuluan yang handal Profesional dan punya dedikasi yang tinggi dalam mengemban tugas ditengah masyarakat. (Mursyid _ Her/rf)