Bangkitkan Nasionalisme , Siswa Madrasah Ikuti Lomba Menghafal Teks Proklamasi

Wonogiri –  Dalam rangka mengisi kegiatan hari Kemerderdekaan RI ke-73 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Wonogiri menggelar berbagai lomba, salah satunya menghafal teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (24/08) di Aula madrasah setempat yang di ikuti para peserta didik MIN 2 Wonogiri.

Menurut Kepala MIN 2 Wonogiri, Nur Aini kegiatan perlombaan tersebut di laksanakan untuk membentuk dan membangkitkan rasa nasionalisme para siswa madrasah tersebut, sekaligus memberikan pemahaman tentang sejarah kemerdekaan RI.

Nur Aini menyebut Kemerdekaan RI harus diisi dengan kegiatan-kegiatan  yang bermanfaat. Salah satunya dengan lomba ini yang menurutnya merupakan cita-cita leluhur pahlawan bangsa.

“Hendaklah kita sadar bahwa kita mempunyai kewajiban untuk menjaga, memelihara dan mengisi kemerdekaan yang telah dengan susah payah direbut oleh para pahlawan yang mendahului kita. Melalui lomba ini semoga kita dan para peserta didik madrasah bisa kembali mengenang masa-masa, detik-detik proklamasi itu. Jadi semangat proklamasi lebih bisa kita hayati dan resapi,” jelasnya.

Di tambahkan, jika dahulu para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan dengan berdarah-darah melawan penjajahan dari luar, saat ini sebagai generasi muda harus dapat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif seperti perlombaa-perlombaan, hal itu dapat meningkatkan rasa nasionalisme siswa terhadap bangsa dan negara.

Kegiatan tersebut juga di harapkan menggugah hati anak-anak, bagaimana para pahlawan berjuang untuk memperebutkan kemerdekaan, dengan perjuangan yang panjang serta mengorbankan harta, jiwa bahkan nyawa sebagai taruhannya. Selain kegiatan menghafal teks proklamasi MIN 2 Wonogiri  juga menggelar berbagai lomba antara lain mewarnai gambar, menggambar, lomba permaian bola dll. (mursyid-Heri/Wul)