Pensantren Kilat Warga Binaan Rutan Purworejo, ditutup dengan Buka Bersama

Purworejo – Menyambut bulan ramadan ini, pembinaan mental bagi warga binaan (istilah untuk para narapidana) diadakan kegiatan Pesantren Kilat yang diselenggarakan pada tanggal 21-31 Mei 2018. Dengan kegiatan di antaranya tadarus dan kajian keislaman dengan pemateri dari Kankemenag adalah Kepala Sub Bagian TU, Kasi Bimas Islam dan para Penyuluh Agama Islam Fungsional.

Bertempat di aula Rutan Purworejo, Kegiatan Pesantren Kilat ini diakhiri dengan acara buka bersama yang diikuti oleh semua warga binaan dan dihadiri oleh Bupati, Kakankemenag, Kapolres, Kajati, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Rutan dan Ketua BAZDA Purworejo.

MoU antara Kantor Kementerian Agama dengan Rumah Tahanan (Rutan) Purworejo berupa pembinaan mental ini telah berjalan selama beberapa tahun lamanya. Kegiatan dalam MoU tersebut di antaranya adalah pelaksanaan Sholat Jum’at, Sholat Idul Fitri, dan Idul Adha dengan Imam dan Khatib dari Penyuluh Agama Islam .  

Eko Bekti Susanto, Kepala Rutan Purworejo dalam sambutannya menyampaikan “Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo yang telah melaksanakan kerjasama dengan sangat baik. Saya berharap kerjasama ini terus terjalin dan dimohon kepada para pejabat yang hadir untuk bisa melakukan kegiatan serupa pada tahun-tahun mendatang,” ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Bambang Sucipto, dalam tausiyahnya menyampaikan “Bagi warga binaan yang saat ini tengah berada di Rutan diharapkan dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dengan kegiatan keagamaan, meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, dan bersikap sabar bahwa semua ini merupakan sebuah ujian agar dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi. Sehingga diharapkan setelah kembali kepada masyarakat, warga binaan bisa menjadi lebih baik mental dan spiritualnya,” harap Bambang.

Tak lupa beliau menyampaikan ucapan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, terutama kepada BAZDA Purworejo yang telah berkontribusi atas pelaksanaan buka bersama. Diberikan pula Piagam Penghargaan kepada Heri Budiono, salah satu warga binaan sebagai peserta terbaik Pesantren Kilat Ramadhan di Rutan Purworejo. (sgy/sua)