Pentingnya Arah Kiblat , Kemenag Gelar Pelatihan Hisab Rukyat

Kudus – 18/12  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus bekerjasama dengan  Pemda Kab.Kudsus Bagian Kesra  menggelar pelatihan Hisab Rukyat  untuk mengetahui bagaimana  menentukan  arah kiblat yang benar.

Pelatihan  yang di gelar di Pemda  ruang lantai 4  Kab. Kudus  ini diikuti sebanyak 200 peserta dari unsur mahasiswa,  SMA / MA  dan modin

Asisten 2 Pemda Kab. Kudus Ali Rifa’i saat membuka acara secara resmi mengatakan  Pemerintah  dan Kantor Kementerian Agama  sudah saatnya berkepentingan memperkenalkan tentang ilmu falak dan dasar dasrnya kepada dunia pendidikan dan  para modin . dengan harapan di Kabupaten Kudus ini  banyak bermunculan  para ahli ilmu falak, sehingga keberadaan ilimu falak di Kabupaten Kudus ini tidak punah dan bisa berkembang . Nampaknya generasi saat ini belum tertarik dengan ilmu falak. Oleh karena itu belau mengharap dengan adanya pelatiha ini peserta dapat memahami serta bemanfaat dan bisa dikembangkan di masyarakat. 

Gara Syariah Kemenag , Sulthan juga menyinggung akan hal ini  “ Paling tidak dengan adanya pelatihan ini  bisa menumbuhkan rasa kepedulian kepada keabsahan  dengan cara menentukan arah kiblat yang benar. Disamping itu para peserta  mempunyai semangat untuk belajar di bidang  ilmu falak, karena ilmu tersebut semakin hari semakin langka peminatnya.

Hadir sebagai pemateri Ketua Tim BHRD Kab. Kudus M. Agus Yusron dengan judul materi “ Menentukan arah kiblat praktis” mengatakan fenomena arah kiblat yang terjadi di masyarakat yaitu  arah kiblat pada masjid, mushola dan makam kurang mengarah kepada  arah kiblat. Sedangkan penyebab terjadinya fenomena tersebut  diantaranya   adalah kurangnya pemahaman tentang praktek ilmu falak terutama tentang penentuan arah kiblat, mempertimbangkan ketokohan dari pada mempertimbangkan seseorang  tentang illmu falak dan kurangnya komonikasi antara tokoh masyarakat dengan masyarakat  tantang keahlianya serta ketakutan terhadap kesalahan arah kiblat.

Hadir pula pemateri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus dengan judul materi  “ Kebijakan Pemerintah Tentan Penentuan Arah Kiblat”.

Di akhii acara dilaksanakan materi praktek menentukan arah kiblat praktis.oleh M. AgusYusron ( St.Zul/wwk/bd)