Pentingnya Kontribusi Publikasi, Sebagai Laporan Pelaksanaan Program

Banjarnegara – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara memiliki tugas dan fungsi layanan dan pembinaan kepada masyarakat. Hasil kegiatan dan pelaksanaannya perlu dipublikasi agar masyarakat mengetahui. Salah satunya melalui media online website, namun publikasi masih belum maksimal.

Demikian disampaikan Kepala Kankemenag, Masdiro, saat membuka Rakor Optimalisasi Publikasi dan Penulisan Berita, Kamis ini (12/12) di Aula Kantor. Peserta sebanyak 70 orang hadir dari Kantor Kemenag, Satker MAN, MTsN dan MIN, KUA Kecamatan, Pengawas Madrasah, Pengawas PAI dan Penyuluh Fungsional .

“Hasil kegiatan yang tersebar se-Kabupaten, diharapkan bisa menjadi berita dan dipublikasikan khususnya melalui web resmi kantor Kementerian Agama Kabupaten dengan memiliki bobot, baik dan berkualitas dari segi jurnalistik,” ucap Masdiro.

“Namun kemampuan menuangkan ke dalam tulisan tentunya tidak semua orang bisa. Untuk itu dengan mengundang narasumber wartawan dari media massa, peserta diharap bisa praktek pembuatan berita sesuai kaidah jurnalistik,” lanjutnya

Masdiro menambahkan, “Salah satu fungsi publikasi adalah membangun image Kementerian Agama disamping program-program yang ada di kemenag bisa diketahui masyarakat. Rapatkan barisan dan niatkan membangun Kementerian Agama dalam layanan informasi dimana semua komponen bisa berkontribusi.” serunya.

Saat sesi tanya jawab dengan Ibnu Bahar, wartawan Suara Merdeka, peserta terlihat antusias. Dilanjutkan dengan praktek membuat Judul, Lead dan Body yang menarik, dengan tetap mengedepankan aktualitas dengan berprinsip 5W1H. Hasil penulisan di upload di web kemenag melalui portal panel admin yang sudah disediakan.(Nangim/Sua)