Pentingnya Peran Kehumasan Dalam Organisasi

Kota Magelang – Pengumuman hasil uji kompetensi JFT Pranata Humas yang dirilis website Kementerian Agama RI menyatakan bahwa sebanyak 111 peserta dinyatakan lulus. Peserta yang lulus seleksi terdiri dari 4 peserta dalam jabatan pranata humas ahli madya, 88 peserta dalam jabatan pranata humas ahli muda, 18 peserta dalam jabatan pranata humas ahli pertama, dan 1 peserta dalam jabatan pranata humas penyelia. Hasil uji kompetensi  itu diumumkan kurang lebih 4 bulan sejak pelaksanaan test.  Proses itu termasuk di dalamnya proses sinkronisasi dan penyelesaian administrasi antara Kementerian Agama, Kementerian Komunikasi dan Informatika selaku penyelenggara ujian serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pasca pengumuman hasil uji kompetensi inpassing itu seluruh peserta yang dinyatakan lulus dilantik oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nizar Ali, Senin (10/5). Proses pelantikan yang berlangsung secara virtual (gabungan luring dan daring) ini diikuti oleh 109 peserta. 16 orang mengikuti secara luring dan 93 orang mengikuti secara daring (virtual) dari kantor masing-masing.

Dalam acara pelantikan itu Sekjen Kemenag RI juga melantik 5 orang Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur dan 5 Arsiparis. Nisar Ali dalam sambutannya mengatakan “Jabatan fungsional adalah jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu,” tuturnya. “Setelah pelantikan ini, saudara diharapkan menjakankan tugas sebagaimana fungsi-fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu sebagaimana yang diatur dalam peraturan yang berlaku,” tambah Nizar.

ASN Kementerian Agama Kota Magelang Hari Suryono, yang dinyatakan lulus seleksi  mengikuti pelantikan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Magelang. Selain Kepala Kantor acara pelantikan yang dilakukan secara daring tersebut juga dihadiri oleh Kasubbag TU, para Kasi dan Gara Zawa, Pengawas Madrasah dan PAI, serta Ketua Pokjaluh.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur berkata “ Selamat kepada ASN yang lulus seleksi ujian kompetensi dan telah dilantik menjadi JFT Pranata Humas. Meskipun kantor kita hanya memiliki 1 orang Pranata Humas tidak berarti bahwa pelaksanaan fungsi kehumasan tidak optimal “ tuturnya. “Peran humas dalam organisasi yang paling utama adalah mampu menjembatani hubungannya dengan publik atau stakeholder terkait. Dalam sebuah organisasi, keberadaan humas sangat penting dan krusial sehingga dibutuhkan ASN yang cekatan dan trengginas ” tambah Sofia Nur selanjutnya. (HS)