Kemenag Maraton Adakan Pendampingan e-RKAM ke Sejumlah Madrasah

Rembang – Selama Mei 2021, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui seksi Pendidikan Madrasah melakukan pendampingan teknis pelaksanaan penyusunan Evaluasi Diri Madrasah dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik (e-RKAM) di sejumlah madrasah.

Pendampingan ini dilakukan oleh tim e-RKAM Kabupaten yaitu Chaizatul Hasanah, Khoirul Anam, Kholid Suyono dan Faizin. Keempat fasilitator ini mengadakan pendampingan di 71 madrasah yang terdiri atas 13 MA, 26 MTs dan 31 MI. Kegiatan  ini dimulai tanggal 17 April 2021 dan dilanjutkan pada 04- 31 Mei 2021.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Syadullah mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan teknis pelaksanaan EDM dan e-RKAM di madrasah Pasca Bimtek TIM. “Target kami adalah, setiap madrasah dapat melaksanakan dan menggunakan instrumen EDM sesuai dengan pedoman, serta menyusun RKAM berdasarkan hasil EDM dengan menggunakan aplikasi e-RKAM,” ujar Syadullah.

Tim inti madrasah itu nantinya akan terdiri atas Kepala Madrasah, Bendahara dan operator. “Pendampingan ini kami lakukan di madrasah terkait. Tentunya dengan memperketat protokol kesehatan. Namun jika wilayahnya merupakan zona merah Covid-19, maka dapat dilakukan secara video conference dengan memanfaatkan platform GSuite for Education.Platform : Google for Education (12 Kelas),” lanjut Syadullah.

Pendampingan ini dilaksanakan selama enam jam pelajaran. Adapun materi yang diberikan yaitu mengecek jumlah sub-kegiatan di e-RKAM yang berasal dari EDM), mengecek akurasi outcome dan output yang disusun (output dan outcome mengacu pada kegiatan dan sub kegiatan bukan pada komponen, mengecek komponen rincian biaya sesuai juknis BOS (untuk sumber dana BOS) dan mengecek satuan harga sesuai SBM atau harga setempat. — iq