Penyelesaian TLHP Atas LKPP Tahun 2020 Terkait Aset Didampingi Tim Kanwil Kemenag Provinsi Jateng

Mungkid – Tim Pengelola Laporan Keuangan (SAIBA dan BMN) Kanwil Kemenag Provinsi Jateng mendampingi Tim Pengelola Laporan Keuangan Kantor Kementerian Agama Kab/Kota, Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri se Kabupaten Magelang guna penyelesaian Tindak Lanjut (TLHP) Atas LKPP Tahun 2020 terkait Aset di Ruang Rapat Komplek Kankemenag Kab. Magelang, Selasa, (9/11/2021).

Tim Pengelola Laporan Keuangan dari Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah terdiri Tunjung, Zainul dan Anto serta dua orang lainnya. Kegiatan diikuti oleh operator SAIBA dan BMN dari Kankemenag Kab. Magelang, MAN dan MTs sekabupaten Magelang.

Kegiatan ini bertujuan agar menyinkronkan jumlah aset yang terdaftar di aplikasi SIMAK dan SIMAN. Selain itu hal ini juga diperlukan mengingat sebentar lagi akan dilakukan migrasi dari aplikasi SIMAK ke aplikasi SAKTI yang akan digunakan pada tahun anggaran 2022. Validitas data awal akan mempengaruhi keberhasilan proses migrasi data aplikasi SIMAK BMN ke aplikasi SAKTI.

SAKTI merupakan pengintegrasian berbagai sistem aplikasi pengelolaan keuangan yang saat ini berlaku, yaitu aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker) pada bendahara, aplikasi RKAKL pada penganggaran, aplikasi Simak BMN pada persediaan, serta aplikasi SAIBA pada laporan keuangan sehingga akan memudahkan dalam pengambilan data dan dalam fungsi pengawasan keuangan Negara.(gus/Sua)