Penyuluh Gerakkan Memakmurkan Masjid

Blora – Sebagai upaya menggeliatkan dakwah dan syiar agama Islam di berbagai masjid di Kabupaten Blora, maka Kepala Kankemenag Blora,  Nuril Anwar, melakukan pencanangan  gerakan memakmurkan masjid di seluruh desa se-kabupaten Blora yang dimotori oleh seksi Bimas Islam dan disukseskan oleh semua Penyuluh fungsional maupun  honorer yang ada supaya program dakwah keagamaan di masyarakat tersebut bisa berjalan dengan optimal.

Seperti yang diungkapkan salah satu penyuluh Agama Islam Kecamatan  Todanan, Nunuk Inayatul Ulya pada jumat (2/6) bahwa pihaknya telah berusaha untuk melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait seperti takmir masjid di kecamatan Todanan supaya terwujud “Gerakan Todanan Mengaji”.

Menurutnya, Program gerakan Todanan mengaji tersebut terdiri dari 2 kegiatan, yakni  Pertama, One Week One Juz (Satu Minggu Satu Juz), dimana kegiatan ini  dilakukan satu minggu satu kali bertempat di Masjid yang diikuti oleh ibu-ibu yang baru belajar mengaji dan program ini ditargetkan dalam jangka waktu 8 bulan tilawah ini bisa mengkhatamkan al-Qur’an.

Adapun Kedua,lanjut Nunuk, ada juga kegiatan  Takhtiman al-Qur’an, yang  dilaksanakan satu bulan sekali bertempat di masjid-masjid yang ada di kecamatan Todanan bekerja sama dengan takmir masjid, dimana dari 25 Desa yang ada di Kecamatan Todanan hingga saat ini terdapat 16 Masjid yang sudah  mengadakan kegiatan Takhtiman al-Qur’an

Menanggapi hal tersebut, Suradji, Selaku Kepala KUA Kec. Todanan sangat mengapresiasai program tersebut dan menyambut gembira dan sangat mendukung sekali kegiatan memakmurkan masjid yang dikoordinir oleh para Penyuluh Agama Islam ini.

Suradji menandaskan melalui adanya kegiatan ini diharapkan masjid-masjid yang ada di kabupaten Blora khususnya di Kecamatan Todanan ini menjadi semarak dengan kegiatan-kegiatan keagamaan khususnya tilawah al-Qur’an sehingga dengan demikian syiar Islam akan semakin bergairah.

Kepala kankemenag Blora, Nuril Anwar menandaskan bahwa Kegiatan Todanan mengaji ini juga sejalan dengan gagasan Nusantara Mengaji yang digagas beberapa tokoh agama beberapa waktu lalu, di mana program khataman Al Quran secara bersama-sama merupakan bagian dari ikhtiar membangun bangsa, terutama menanamkan dan penguatan aspek mental.

Menurutnya, sebagai bangsa yang beragama, untuk mewujudkan cita-cita negara yang adil dan makmur tidak cukup hanya dengan bekerja keras, tetapi juga meminta pertolongan Allah SWT dan berupaya melakukan syiar agama secara luas dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas.

Gerakan memakmurkan masjid di Blora akan diisi dengan berbagai kegiatan dakwah seperti khotmil Quran, ceramah keagamaan, pembinaan remaja masjid dan kegiatan dakwah keagamaan lainnya untuk menyemarakkan syiar agama.(Nunuk/ ima/bd)