Peragaan Manasik Haji, Sanggaluri Park Penuh Sesak

Purbalingga – Dalam rangka pelaksanaan Program Kerja Tahun Ajaran 2018/2019,  IGRA Kecamatan Bukateja telah melaksanakan kegiatan Peragaan Manasik Haji bagi 1.500 peserta didik RA/ BA se-Kecamatan Bukateja. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia, Sunarti kepada Humas, Sabtu (06/10). Ia menjelaskan ada sekitar 3.100 orang dari keluarga besar Ikatan Guru RA/ BA Kecamatan Bukateja memadati Taman Wisata Sangga Luru Ilmu (Sanggaluri Park) Kutasari – Purbalingga, Kamis (27/09) lalu.

“Peserta berjumlah 1.432, ditambah pendamping dari wali murid setiap peserta jadi jumlahnya sekitar 3.000. Selebihnya Panitia dan guru-guru RA/BA se-Kecamatan Bukateja. Tenaga pembimbing manasik haji terdiri dari guru-guru Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga sejumlah 7 orang,” jelas Sunarti.

Ia menuturkan, menurut pengelola sampai saat itu kunjungan wisata dalam rangka kegiatan manasik haji siswa dari IGRA Kecamatan Bukateja merupakan yang terbesar.

“Kami juga mengundang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga yang diwakili Kasubbag TU, Pengawas RA/BA, Pengurus K3MI, KKG MI, Muslimat serta Nasyiatul ‘Aisyiyah Kecanatan Bukateja,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut juga diliput berbagai media cetak dan elektronik termasuk Radio Gema Soedirman (RGS) Purbalingga dan kontributor media televisi nasional yaitu ANTV, RCTI, dan Indosiar.

Dalam pernyataannya saat wawancara Kasubbag TU, Ahmad Muhdzir mewakili Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan massal yang melibatkan ribuan peserta tersebut.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini dan menurut saya ini penting agar anak-anak mengetahui suasana saat berhaji serta amaliah-amaliah apa yang harus dikerjakan. Begitu pula bagi lembaga merupakan ajang promosi dalam peraihan peserta didik baru karena kegiatan ini diikuti pula oleh para orang tua atau wali siswa. Jadi mereka ikut bangga, apalagi jika ada di antara orang tua siswa yang mau berangkat haji,” ungkap Muhdzir bersemangat.

Cuaca yang cukup terik saat itu membuat suasana lokawisata Sanggaluri Park semakin terasa panas dengan kehadiran ratusan pengunjung lain dari berbagai daerah. (sar/gt)