Peran strategis humas dalam pembentukan citra

Wonogiri – Pada saat ini kita di hadapkan pada era transparansi dan perkembangan tehnologi informasi yang telah menjadikan masyarakat lebih kritis, dinamis dan cenderung terjadi perubahan yang cepat di masyarakat, kondisi seperti ini menuntut instansi/satker dalam hal ini Kantor Kementerian Agama untuk mengakomodir dan melayani keinginan masyarakat/lembaga sosial untuk memperoleh data dan informasi baik masalah haji, pendidikan, pernikahan dan lain sebagainya. Untuk itu di perlukan pelaksana kehumasan yang handal untuk mengimbangi arus informasi di masyarakat yang kadang merugikan instansi pemerintah.

Selain itu kehumasan harapkan bisa menciptakan citra lembaga (corporate image) menjadi baik serta secara aktif melakukan sosialisasi dan publikasi kegiatan kepada masyarakat atau kepada media baik cetak atau elektronik. Sehingga peran Kemenag dalam pelayanan kepada masyarakat dapat diketahui oleh masyarakat disamping sebagai perimbangan terhadap berita-berita miring yang menyudutkan Kementerian Agama.

Demikian di sampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri Drs. H. Safrudin, MSI dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Kehumasan Kankemenang Kabupaten Wonogiri Tahun 2015 di Aula Kankemenag Wonogiri, Selasa (14/3/2015) yang di ikuti 50 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, Pokjawas, pokjaluh dan perwakilan dari Seksi dan Gara di Kemenag Wonogiri.

Tidak dapat dielakkan lagi bahwa ke depan wajah kehumasan akan menjadi representasi bagi wajah lembaga Kementerian Agama, pelayanan data dan informasi yang transparan, profesional dan berkredilibitas akan memberikan kontribusi positif bagi akuntabilitas lembaga di mata publik. Kita berharap dengan pemberlakuan PMA No. 13 Tahun 2012, yang telah membuat fungsi kehumasan dalam struktur organisasi Kementerian Agama lebih signifikan, peran kehumasan dapat berjalan lebih profesional sehingga dapat tercapainya pelayanan yang prima kepada publik.

Dalam rangka membangun image atau citra Kementerian Agama yang baik di masyarakat, Safrudin mengharapkan perlunya keterlibatan satker baik KUA dan madrasah untuk aktif mempublikasikan kegiatannya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat serta mampu memberikan respon dan tanggapan terhadap pemberitaan yang mencuat dalam media sosial yang menjadi keluhan masyarakat, terutama publikasi melalui website masing Kankemenag Wonogiri dan Kanwil Kemenag Jateng.

Sedangkan Pranata Humas Kankemenag Wonogiri H. Mursidi, S.Ag. MSI dalam paparannya menyampaikan tentang tugas dan fungsi kehumasan di Kemenag dan madrasah serta tehnis penulisan berita baik media online seperti website dan di media cetak.

Menurut Mursidi kegiatan rakor kehumasan ini sangat penting dan sangat urgen dalam upaya mewujudkan Kementerian Agama yang memiliki citra positif, Kemenag yang bersih dan berwibawa. Dalam mewujudkan itu semua, maka humas memiliki peran strategis dan merupakan garda terdepan dalam mewujudkan suatu lembaga yang memiliki citra baik atau buruk, baik lewat publikasi dan pemberitaan. (Mursyid -_Heri P)