Percepat Program Penataan Administrasi Kepegawaian, MTs Negeri Batang Gelar Sosialisasi Aplikasi Simpeg 5.0

Batang – Dalam rangka Mengintensifkan menejemen kepegawaian terhadap program Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg 5.0) yang terbaru, MTs Negeri Batang menggelar sosialisasi yang diikuti oleh seluruh ASN pada Satuan Kerja MTS Negeri Batang pada Senin (14/06) di aula madrasah.

Dalam arahannya Kepala MTs Negeri Batang  H. Fathudin mengatakan, bahwa melalui Simpeg 5.0 ASN baik guru maupun pegawai akan mengisi data secara mandiri.Mulai dari Pendidikan, jabatan, organisasi dan sebagainya dengan mengunggah berkas –berkas yang dikonversi ke dalam bentuk pdf  untuk selanjutnya diverivikasi .

“Sebagai ASN yang disiplin dan tertib administrasi, mari kita ikuti system informasi kepegawaian yang terbaru yang diterbitkan oleh Kemenag RI itu, harapanya tidak lain agar sisitem kepegawaian itu terekam secara administratif lebih baik,” jelas H. Fathudin.

Lebih lanjut H. Fathudin mengatakan bahwa  dengan mengisi data secara mandiri  dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kepemilikan data pribadi, dimana yang paling memahami datanya sendiri  adalah masing-masing pegawai itu sendiri.Sehingga ini dapat menghindari kesalahan input atau data kepegawaian setiap PNS.

“Pengisian data kepegawaian di Simpeg 5.0 kali ini secara mandiri, sudah tidak seperi dulu diisikan oleh bagian kepegawaian, ini lebih baik karena yang mengetahui data-data pribadi pasti dirinya sendiri, maka akan mengurangi kesalahan yang akan mungkin timbul,” tambahnya.

“Kedepannya dalam pengusulan kenaikan pangkat dan pensiun, atau segala hal yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian itu akan berpatokan pada data yang telah di update oleh ASN melalui aplikasi Simpeg 5.0 tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Ahmad  Farihin selaku admin MTs Negeri Batang yang memberikan materi dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa transformasi Pelayanan di Biro kepegawaian  Kemenag  kedepan melalui online.Untuk itu Kemenag terus memperkuat basis data yang sudah terhimpun dalam aplikasi Simpeg.

“Mulai sekarang layanan kepegawaian pada Biro Kepegawaian sudah menggunakan digital dan pengisiannya secara online, Simpeg 5.0 ini merupakan salah satunya, maka diharapkan secara pribadi ASN untuk secara aktif mengisi data-data yang dibutuhkan dalam simpeg itu,” jelas Ahmad Farihin.

Selanjutnya  dia menegaskan  bahwa seluruh pegawai memiliki kunci akses untuk melakukan pemutakhiran data secara mandiri, sehingga diharapkan kita secara pribadi untuk mulai membuka aplikasi itu dan mengisikan data-data diri yang mungkin belum ada. (Isti/Zy)