Belajar Demokrasi, MTsN 1 Klaten Gelar Pemilihan OSIS Ala Pemilu

Klaten – Pemilihan Ketua OSIS guna menerapkan nilai-nilai demokrasi bagi anak didik, MTsN 1 Klaten telah menggelar Pemilu Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara langsung dan terbuka. Demokrasi bisa dimulai sejak dini. Salah satu pembelajaran demokrasi sejak dini dimulai dari sekolah/madrasah.

Demikian disampaikan Kepala MTsN 1 Klaten, Nurul Qomariyah, saat pelantikan Ketua OSIS baru periode 2018/2019, yang dihadiri seluruh siswa-siswi guru dan karyawan di halaman MTsN 1 Klaten, Senin (5/11).

“Pemilu Pemilihan Ketua OSIS secara langsung sudah diterapkan di madrasah sejak 3 tahun lalu. Hal ini dilakukan sebagai langkah pembelajaran bagi peserta didik, sebagai aktualisasi dari nilai-nilai demokrasi,” kata Nurul.

Proses demokrasi menjadi sangat menarik untuk diikuti dan diamati, meniru proses demokrasi yang ada di bangsa Indonesia, baik Pilpres hingga Pileg.

“Madrasah ingin menerapkannya dalam rangka membangun kesadaran politik bagi peserta didik sejak dini, sebagai aktualisasi belajar demokrasi dan pelaksanaan hak politik dari pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diajarkan di sekolah,” tandas Kamad.

Pemilu Ketua OSIS secara demokrasi yang telah dilakukan tak ubahnya Pemilu yang diselenggarakan oleh negara. Pasalnya, para kandidat Ketua OSIS diharuskan mencetak stiker dan mempublikasikan visi-misi mereka kepada siswa-siswi di sekolah. Bahkan, para calon Ketua OSIS diwajibkan memaparkan visi-misi mereka secara terbuka dihadapan guru,

“Tak hanya itu, panitia penyelenggara pemilihan OSIS juga menyiapkan kebutuhan Pemilu, seperti surat suara, kotak suara, tinta Pemilu, keamanan, perhitungan secara langsung hingga para saksi dari setiap kandidat,” jelasnya.

Semoga pembelajaran demokrasi sejak dini ini bisa menjadi pembekalan yang sangat berharga bagi siswa untuk  diterapkan dikemudian hari.

“Bagi ketua yang terpilih, hendaklah memegang amanat jabatan ini karena sudah dipercaya teman-teman, disamping kepercayaan teman-teman juga tanggung jawab kepada Allah SWT yang akan dimintai besok,” harapnya.

Saat pelantikan, dilakukan sertijab dari ketua OSIS  lama, Insyazidanna, periode 2017-2018 kepada ketua OSIS baru, periode 2018-2019, Deris Rahmansyah.(aj/sua)