Peringati Hari Pramuka Ke 57 Tingkat Kwartir Ranting Tunjungan di MAN Blora

Blora – Untuk memperingati hari Pramuka, pada Selasa, 14 Agustus 2018 telah dilaksanakan upacara peringatan HUT Pramuka Ke 57 tingkat Kwartir Ranting Tunjungan Blora, yang bertempat di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora.

Upacara yang diikuti 500 peserta yang diantaranya Kepala sekolah SD/MI, SMP/MTs, MA/SMA/SMK  selaku Kamabigus, Danramil Tunjungan, Kepala puskesmas, Pembina Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Tunjungan serta perwakilan siswa/siswi SD/MI, SMP/MTs, MA/SMA/SMK yang ada di lingkungan kecamatan Tunjungan Blora. Dalam kegiatan tersebut undangan dan peserta mengenakan pakaian Pramuka lengkap.

Camat Tunjungan (Dwi Bambang Priyono, SE) selaku pembina upacara, membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) dan menyampaikan, momentum  Hari Pramuka bukan ajang peringatan saja tetapi dihayati dan diamalkan terutama Dasa Dharma Pramuka.

“Dasa Dharma itu harus dipahami, bukan dibaca atau dihafal saja tetapi harus dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Selain itu, dengan peringatan hari Pramuka ini, siswa juga harus memiliki jiwa yang mandiri dan berkarakter.

“Harus produktif dan mampu mengemban tugas yang diberikan, serta dengan kegiatan pramuka bisa menjadi perekat NKRI” tandasnya.

Di akhir acara dilanjutkan dengan ramah tamah yaitu dengan pemotongan tumpeng oleh Camat Tunjungan sebagai rasa syukur pada Allah SWT pada peringatan HUT Pramuka 57 “Pramuka Perekat NKRI” tahun ini.  (ima-umi/bd)