Perkemahan Merupakan Salah Satu Media Pendidikan

Temanggung – Perkemahan merupakan salah satu macam kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan secara outdoor. Berkemah juga melatih hidup bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan kemah atau tenda sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan, dan sebagainya. Kegiatan Pramuka di MTsN Kedu tepatnya kegiatan perkemahan Sabtu malam Ahad (Persahad) menjadi salah satu ekskul yang wajib diikuti oleh seluruh siswa baru kelas VII.  Siswa Baru kelas VII diharuskan mengikuti kegiatan perkemahan Sabtu malam Ahad (Persahad) yang dilaksanakan Sabtu-Ahad (22-23/07).

Kegiatan Persahad  dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedu, Khaerun. Dalam sambutannya beliau menekankan kegiatan Persahad  bisa meningkatkan rasa disiplin, cita tanah air dan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Para siswa sangat aktif selama mengikuti kegiatan tersebut, walaupun dibawah teriknya matahari kegiatan berlangsung, para siswa-siswi tidak patah semangat dan tetap mengikuti seluruh kegiatan dengan penuh semangat.

Berbagai macam kegiatan kepramukaan diadakan yang bertujuan mempraktekkan sistem hidup berjamaah atau beregu, memperkuat ukhuwah, serta mempraktekkan hidup sederhana, karena sejatinya tujuannya diadakan perkemahan adalah untuk mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan serta membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan. Untuk itulah, perlunya kegiatan perkemahan karena perkemahan ini merupakan salah satu media pendidikan, melalui kegiatan kepramukaan ini menjadi salah satu proses pendidikan yang mempersiapkan generasi unggul dimasa akan datang, ujarnya.

Kegiatan malam hari, di isi dengan penyalaan Api Unggun. Para peserta dengan semangat menyanyikan lagu-lagu yang di komando oleh pembina pramuka, Untung Hidayat. Beberapa siswa pun ikut memeriahkan suasana api unggun dengan tampil di tengah dan menyayikan lagu-lagu yang mereka kuasai. Acara berlangsung sangat meriah serta sangat menghibur sekali. Sekitar pukul 22.30 para peserta dipersilahkan untuk memasuki tenda masing-masing untuk istirahat. Tepat pukul 02.00 WIB siswa-siswi dibangunkan untuk melaksanakan Sholat Tahajud bersama sama. Pagi hari pun tiba, tepat pukul 04.30 dinihari para peserta Persahad dibangunkan untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah di mushola MTsN Kedu. Kegiatan berlanjut dengan kegiatan penjelajahan yang di ikuti oleh seluruh peserta Persahad. Seluruh peserta mengikuti dengan seksama dan penuh keceriaan. Kegiatan Persahad berakhir pukul 10.00, seluruh peserta berbaris di lapangan untuk mengikuti upacara penutupan dan persiapan pulang kembali ke rumah masing-masing.(sr/Af)