Persiapan Matang, Siapkan Calon Jemaah Haji Mandiri

Wonogiri – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar acara Sosialisasi/Orientasi Proses Penyelesaian Dokumen dan Perlengkapan jamaah calon haji Kabupaten Wonogiri Tahun 1440 H/2019 M, bertempat di Gedung pertemuan Pondok Dahar Wonoboyo, Rabu (23/01) yang ikuti calhaj sekabupaten Wonogiri tahun ini.

Kepala Kankemenag Wonogiri Subadi didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Wahid Arbani menyampaikan, ibadah haji merupakan ibadah yang unik dan diistimewa, penyelenggaraannya melibatkan banyak kementerian dan lembaga negara.

Selain itu penyelenggaraan ibadah haji merupakan salah satu program prioritas pembangunan bidang agama dan sering kali diposisikan sebagai salah satu indikator kunci kinerja Kementerian Agama. Penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, namun demikian disadari bahwa peningkatan tersebut belum signifikan, sehingga masih perlu dilakukan berbagai upaya peningkatan lebih lanjut.

Di hadapan calhaj yang akan berangkat tahun ini, Subadi kembali mengucapkan selamat, dan para calon jemaah haji haru bersyukur karena, insya Allah sebentar lagi impian dan harapan mereka akan terwujud, untuk itu kepada calon jemaah haji di harapkan bisa menjadi jemaah haji yang mandiri, artinya kemandirian bukan hanya dalam urusan manasik dan pelaksanaan ibadah haji saja, tapi juga mandiri dalam urusan perjalanan haji dan kegiatan lainnya.

Menyinggung masalah dokumentasi dan perlengkapan haji, Kepala Kantor berharap kepada para calon jemaah haji segera mengurus dokumentasi haji apalagi paspor, seperti di ketahui paspor sebagai dokumen penting karena sebagai syarat wajib seluruh warga negara Indonesia yang keluar dari wilayah Indonesia termasuk calon jemaah haji, dan untuk memudahkan bagi calon jemaah haji untuk memperoleh seluruh pelayanan administrasi, dokumen perjalanan yang akan melaksanakan ibadah haji.

“Semoga nantinya semua Calhaj Kabupaten Wonogiri tahun 2019 di beri kesehatan dan kemudahan Allah SWT dalam melaksanakan rangkaian haji baik rukun, wajib dan sunnah haji dan akhirnya menjadi haji yang mabrur, tetap jaga kesehatan dan selalu banyak berdoa kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Pembekalan Calon Jemaah Haji

Sedangkan menurut Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Wahid Arbani acara ini sangat penting karena selain motivasi juga di sampaikan tentang kebijakan penyelenggaraan haji tahun ini, tentang penyelesaian dokumen, tentang pemeriksaan kesehatan, barang bawaan dan lain sebagainya.

“Kami berharap kepada semua calhaj bisa bekerja sama dengan dengan Kementerian Agama baik dengan KUA untuk penyelenggaraan persiapan mulai dari manasik, pembuatan pasport, pemeriksaan kegiatan sampai nantinya proses pemberangkatan, semoga bisa berjalan lancar dan tertib,” harap Wahid. (Mursyid _Heri/gt)