Pesan Tebar Kedamaian Dalam HAB Kemenag Banjarnegara

Banjarnegara – Tanggal 3 Januari ditetapkan menjadi kelahiran Kementerian Agama atau di kenal dengan Hari Amal Bhakti  (HAB Kemenag), untuk tahun ini memasuki usia ke 72.  Himbauan kesederhanaan dalam memperingati HAB memang diwujudkan Kementerian Agama Banjarnegara tahun ini.

Dimulai dengan kegiatan Perwanida berupa Lomba Tembang Kenangan bagi Pegawai Kemenag dan Hafalan Surat Pendek untuk siswa-siswa RA (19/12/17) dan Jalan Sehat Kerukunan Umat beragama (30/12/17). Puncaknya adalah Upacara dan Tasyakuran yang digelar di MAN 2 Banjarnegara Rabu (03/01) dengan Inspektur Upacara Bupati Banjarnegara.

Selaku Inpektur Upacara, Budhi Sarwono membacakan langsung pidato Menteri Agama dihadapan peserta hadir, yakni Wakil Bupati Banjarnegara, Dandim, Segenap Forkompinda, Mantan Kepala Kankemenag, dan Tokoh Ormas, Pegawai di lingkup Kementerian Agama se Banjarnegara, dan perwakilan siswa Madrasah.

Pada pidato tersebut memberi pesan pada diri aparatur Kementerian Agama yang melekat beberapa misi yang saling terkait.  Misi itu antara lain: mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antarumat beragama.

Pada masa kekinian tugas itu semakin berat tantangannya karena zaman yang cepat berubaa, Global dan generasi digital. Tuntutan publik terhadap kita semakin tinggi,terbuka, dan spontan. Diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespons tuntutan masyarakat terhadap Kementerian Agama. "Tebarkan Kedamaian" dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian.

Pesan ajakan dari Menteri agama kepada ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian.

Usai upacara diadakan penyerahan secara simbolis Zakat Produktif, Konsumtif, Zakat Pendidikan, penyerahan Mushaf Al Quran dan pemberian penghargaan kepada Guru dan Siswa Berprestasi. Selanjutnya seluruh peserta menuju Aula MAN 2 Banjarnegara untuk Tasyakuran bersama sebagai rasa syukur Kementerian Agama pada milad ke 72 tahun ini (Nangim)