PMR Unit MA. Sunan Kalijaga Bawang Berprestasi Di LKPM UPI Purwakarta

* Anggota PMR unit MA. Sunan Kalijaga Bawang sedang mengikuti lomba perawatan keluarga

Batang – Satu lagi prestasi MA Sunan Kalijaga Bawang di kegiatan PMR yaitu menyabet 2 gelar  dalam ajang Lomba Ketangkasan Palang Merah (LKPM) se Indonesia yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Purwakarta mulai tanggal 30 Oktober 2021 sampai 5 November 2021.  Pengumuman juara itu dilaksanakan pada sabtu (13/11) secara virtual melalui Zoom metting.

Dua gelar yang berhasil diraih oleh PMR MA. Sunan Kalijaga Bawang ini adalah Cabang Lomba Perawatan Keluarga dengan Tim PMR yang terdiri dari Rizki Amelia, Yulia Chaerunnisa, dan Sufatul meraih Juara 2 dan cabang lomba poster  meraih juara ke 3 oleh Safna Maulidya Safitri,

Pendamping PMR unit MA. Sunan Kalijaga Bawang Zulfa dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya sangat bersukur atas prestasi anak didiknya. Menurutnya persiapan untuk menghadapi lomba itu cukup singkat, namun karena keseriusan mereka maka prestasipun diraih.

“Mereka sudah bagus dengan waktu persiapan yang singkat, ketiganya sudah relative berpengalaman karena mereka Siswa kelas XII, kedepan tentu membutuhkan upaya pengkaderan agar dapat meraih prestasi lebih baik,” jelas Zulfa.

Pembina PMR unit MA Sunan Kalijaga Bawang Zaokil menerangkan bahwa PMR disini baru terbentuk belum lama, namun sudah memenangkan beberapa event perlombaan baik online maupun offline.

“PMR unit MA Sunan Kalijaga Bawang memang masih berusia jagung, tapi berkat kegigihan dan semangat para anggotanya sudah mampu bersaing dengan sekolah maupun madrasah yang sudah lama terbentuk,” terang Zaokil.

Dia menambahkan di tahun pertama PMR ini telah mampu meraih juara umum Compara, Juara I Jambore Pesisir dan dimasa pandemi ini dengan segala keterbatasannya mampu menorehkan prestasi yang patut diapresiasi, seperti juara 2 lomba video perawatan keluarga dan juara 3 poster edukasi yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia di Purwakarta pada ajang Lomba Kepalangmerahan PMR tingkat wira se Indonesia.

“ Saya bangga dengan PMR Unit MA Sunan Kalijaga atas keseriusan dan prestasinya, Salam Siamo,” tegasnya.

Sementara itu Kepala MA. Sunan Kalijaga Bawang Ahmad Munir mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegigihan anak-anak PMR, dan pihak madrasah selalu mendorong mereka untuk selalu giat berlatih, karena melalui PMR akan terasah kader-kader relawan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“ Saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap tim PMR, meskipun belum lama terbentuk namun nyalinya sudah terbukti di ajang perlombaan,” kata Ahmad Munir.

Dia menambahkan bahwa setelah vakum hampir 2 tahun karena pandemi, kini PMR MA Sunan Kalijaga Bawang kembali aktif dan berhasil meraih prestasi di Lomba Kepalangmerahan tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Purwakarta.

“ Prestasi ini menjadi bukti bahwa kegiatan kesiswaan di madrasah ini  benar-benar mampu menggali potensi peserta didik,” tambahnya.

Ahmad Munir berharap mereka harus terus membekali diri berlatih menjadi relawan kemanusiaan sesuai kapasitasnya saat ini sebagai pelajar.

“Semoga PMR MA Sunan Kalijaga Bawang akan terus berkembang untuk menempa bakat, kepekaan  dan kepedulian  sehingga benar-benar membawa banyak manfaat untuk dirinya dan masyarakat,” tandasnya. (Rosi/Umi /Zy)