Porseni Guru RA, Upaya Bentuk Karakter Siswa Usia Dini

Rembang – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Rembang merupakan upaya positif untuk menguatkan karakter kepada anak-anak usia  dini.

Demikian dikemukakan oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Jasim dalam pembukaan Porseni guru RA tingkat Kabupaten Rembang yang diadakan oleh PD IGRA Kabupaten Rembang, Selasa (05/03). Menurut Jasim, berbagai macam lomba yang diadakan ini mendorong guru-guru RA untuk berkreasi menciptakan karya untuk anak-anak.

Lomba yang diselenggarakan dalam Porseni ini yaitu tahfidz juz 30, cipta lagu anak Islami, cerita bergambar, dan senam ceria Islami. Menurut Jasim, lomba cipta lagu anak Islami misalnya, mendorong anak-anak untuk hidup dengan berpedoman pada akhlakul karimah di era milenial. 

“Kita tahu bahwa zaman keterbukaan sekarang ini, banyak terpaan negatif dari lingkungan, baik di dunia nyata maupun maya. Lomba cipta lagu ini sebagai wujud untuk melestarikan lagu anak-anak di tengah perkembangan lagu-lagu zaman sekarang,” kata Jasim.

Tampil sebagai juara 1 lomba cipta lagu Islami yaitu Korcam Rembang, juara 2 oleh Korcam Lasem dan juara 3 oleh Korcam Sarang. Pada lomba cerita bergambar, juara 1 diraih oleh Korcam Rembang, juara 2 oleh Korcam Lasem, dan Juara 3 oleh Korcam Sedan.

Adapun pada cabang lomba senam, juara 1 diraih oleh Korcam Sarang, juara 2 oleh Korcam Lasem, juara 3 oleh Korcam Sedan. Pada lomba tahfiz juz Amma, juara 1 diboyong oleh Korcam Sarang, juara 2 oleh Korcam Sale, dan juara 3 oleh Korcam Sedan.

Ketua PD IGRA Kabupaten Rembang, Aminah mengatakan, lomba ini diikuti oleh 11 kecamatan. Dari empat lomba tersebut, juara 1 akan mengikuti lomba Porseni tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Aminah mengatakan, lomba ini diadakan untuk meningkatkan kreativitas dan mutu guru RA se-kabupaten Rembang. Dia berharap, lomba semacam ini akan semakin memicu kreativitas guru RA dalam menciptakan karya-karya anak islami. (iq/gt)