PPIH Embarkasi Solo Berangkatkan Kloter 1 Asal Kabupaten Tegal

Boyolali – Selasa (09/08) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo memberangkatkan perdana calon jemaah haji (CJH) kelompok terbang (kloter) 1. Sebanyak 354 jemaah asal Kabupaten Tegal terdiri dari 5 petugas kloter 5 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Provinsi dan 344 diberangkatkan menggunakan pesawat Airbus 330 dengan nomor penerbangan GA 6201 melalui Bandara Adi Soemarmo Solo pada pukul 16:45 WIB.

Dalam upacara pemberangkatan hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkenan melepas keberangkatan jemaah kloter 1. Ketua PPIH Embarkasi Solo Syaifuddin Zuhri melaporkan bahwa pada musim haji tahun 1437H / 2016M Embarkasi Solo rencananya akan memberangkatkan jemaah sebanyak 26,561 dengan rincian 23,717 jemaah Jawa Tengah, 2,474 jemaah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan 370 petugas kloter terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

“Rencananya jumlah yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo sebanyak 26,561 jemaah terbagi dalam 74 kloter, dengan rincian 26,191 jemaah dan 370 petugas kloter,” kata Ketua PPIH Syaifuddin Zuhri yang saat ini tengah menjabat sebagai pengganti sementara (pgs) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Untuk rute penerbangan pesawat pembawa CJH Embarkasi Solo akan terbagi dalam 2 gelombang, dimana gelombang I mulai dari kloter 1 sampai dengan kloter 34 sedang gelombang II mulai kloter 35 sampai dengan kloter 74.

“Perjalanan CJH terbagi menjadi 2 gelombang, untuk kloter 1 sampai dengan kloter 34 masuk dalam gelombang I dengan rute penerbangan Embarkasi Solo melalui Bandara Adi Soemarmo Solo turun di Madinah, lanjut ke Makkah kembali melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah ke Debarkasi Solo dengan sebelumnya transit di Padang,” urainya.

“Sementara gelombang II untuk kloter 35 sampai dengan kloter 74 dengan rute Embarkasi Solo melalui Bandara Adi Soemarmo menuju Jeddah, lanjut ke Makkah dan Madinah, kemudian kembali ke Debarkasi Solo melalui Bandara Mohammad bin Abdul Aziz Madinah,” lanjutnya.

Pada pemberangkatan kloter perdana, Ketua PPIH memohon dukungan dan restu kepada Gubernur Jawa Tengah agar selama masa operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1437H/ 2015M dapat berlangsung lancar, aman dan sukses khususnya dalam melayani dan mengantarkan CJH Jateng dan DIY memperoleh haji mabrur. (gt/gt)