Pra-KSM Wahana Peningkatan Kemampuan Intelektual, Emosional dan Spiritual

Purbalingga – Sejumlah 54 peserta dari 29 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri dan Swasta se-kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan Pra-Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga,  Kamis (28/3/2019). Kegiatan yang digelar Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA MTs Kabupaten Purbalingga tersebut bertujuan untuk menyediakan wahana bagi madrasah dalam meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual yang berdasarkan pada nilai-nilai agama. Hal tersebut dijelaskan Ketua MGMP IPA MTs Kabupaten Purbalingga, Labibah.

Selain memberikan apresiasi kepada para guru dan peserta lomba, Labibah juga mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi para peserta.

“Kegiatan Pra-KSM merupakan kegiatan yang diselenggarakan bagi siswa dalam rangka melatih kemampuannya menganalisa soal-soal setara olimpiade sekaligus sebagai ajang uji coba kemampuan untuk mengikuti KSM yang sesungguhnya. Sehingga pada saat mengikuti KSM yang akan dilaksanakan Mei 2019 nanti, para peserta sudah memiliki persiapan yang matang,” jelasnya.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggara, para pendamping dan peserta, serta semua pihak yang telah terlibat dan menyukseskan  kegiatan ini,” tambahnya

Ketua panitia penyelenggara, Afitta Retno Anggraeni menjelaskan, peserta kegiatan adalah siswa-siswi kelas VII dan VIII yang merupakan perwakilan dari MTs se-kabupaten Purbalingga. Dalam ajang tersebut setiap madrasah diwajibkan mengirim minimal 1 orang peserta.

Ia menambahkan, soal-soal yang diujikan dalam kegiatan tersebut terjamin kerahasiaannya.

“Soal yang dilombakan disusun dan digandakan oleh tim penyusun soal dari MAN Purbalingga yang ditunjuk oleh panitia, sehingga kerahasiaan soal akan terjaga. Untuk materi bersumber dari materi IPA Terintegrasi PAI berdasarkan kisi- kisi dari Kanwil,” tegasnya.  

Di akhir kegiatan diperoleh hasil kejuaraan sebagai berikut. Juara I Rizki Ari Murti (MTs Daarul Abror Kedungjati), Juara II Sahwa Ais Saputri (MTs Negeri 2 Purbalingga) dan Juara III Afandi Anugrah (MTs  Ma'arif NU 05 Majasari). (dwi-sar/bd)