Pramuka Madrasah Membentuk Kader Pemimpin Shaleh

Semarang (Pendidikan Madrasah) – Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM) 2017 Tingkat Provinsi telah resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani pada hari Kamis (20/4) di Pusat Kegiatan Kepramukaan (PUSKEPRAM) Candra Birawa, Karanggeneng Sumurrejo Gunungpati. Upacara pembukaan PPM tingkat Jawa Tengah itu selain dihadiri unsur dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah juga hadir jajaran pimpinan Kwarda Jawa Tengah, pengurus Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) dan para Kepala Madrasah Aliyah se- Jawa Tengah.

Dihadapan ratusan peserta Pramuka penegak dari Madrasah Aliyah (MA) dan tamu undangan Farhani mengatakan, kegiatan perkemahan pramuka ini adalah dalam rangka menyiapkan peserta didik menjadi kader pemimpin pembangunan yang saleh, baik dilingkungan Gerakan Pramuka, Madrasah maupun di lingkungan masyarakat.

“Perkemahan Pramuka Madrasah tidak hanya sebagai sarana pembinaan Pramuka penegak yang menitikberatkan pada pengembangan diri pada sisi mental dan fisik tetapi juga intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat”, tutur Farhani. Menurut Farhani pembinaan ini dilakukan dengan membekali anggota pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan potensial yang selaras dengan kebutuhan generasi muda saat ini.

Perkemahan Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi ini lanjut Farhani juga mengarahkan dan menggali bakat leadership/kepemimpinan para peserta.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Saifulloh mengatakan kegiatan PPM ini merupakan seleksi perkemahan pramuka madrasah tingkat Jawa Tengah yang diikuti oleh 12 regu pramuka penegak dari hasil seleksi di tingkat Karesidenan se- Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu.

“Juara atau pemenang dari PPM tingkat provinsi ini akan dikirim sebagai delegasi/kontingen Jawa Tengah dalam ajang Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III di Kepulauan Bangka Belitung 14-20 Mei mendatang”, kata Saifulloh.

Lebih lanjut, Saifulloh berharap kontingen Jawa Tengah berhasil memboyong piala juara umum PPMN III tahun 2017. “Kalau kita bisa membawa pulang piala itu berarti kita berhasil mempertahankan predikat sebagai juara umum 3 kali berturut-turut”, ungkap Saifulloh.

Saifulloh mengatakan, Kontingen Jawa Tengah berhasil menjadi juara umum pada tahun 2015 di PPMN I di Magelang dengan peserta Pramuka Penegak Madrasah Aliyah dan pada tahun 2016 di Ambon dengan peserta Penggalang dari Madrasah Tsanawiyah.

Perkemahan Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 20 – 22 April, diikuti sebanyak 96 peserta yang terbagi dalam12 regu dan setiap regu terdiri dari 8 putra/putri. [asym/Wul]