Rapat Koordinasi Kerjasama Lintas Sektoral Kemenag Kota Magelang

Kota Magelang – Dalam rangka mengefektifkan koordinasi program lintas sektoral antara Kementerian/Lembaga Pemerintahan lain dengan Kementerian Agama, Puskesmas Magelang Tengah berinisiatif mengadakan Koordinasi Kegiatan Lintas Sektoral pada senin (18/4) bertempat di Resto Daun Salam Magelang. Sasaran dari pembangunan kesehatan adalah meningkatkan derajat kesehatan melalui peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan kesehatan yang semakin menjangkau seluruh masyarakat .

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu diupayakan adanya suatu kerjasama yang baik antara lembaga Pemerintah dibawah koordinasi Pemerintah daerah ataupun lembaga vertikal seperti satuan TNI, Polri dan Kua dibawah Kementerian Agama dengan Sistem Kesehatan Nasioanal (SKN) .

Pertemuan lintas sektor merupakan pangkal awal dari melaksanakan perencanaan pembinaan secara terpadu di masyarakat dengan mengedepankan skala prioritas . Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya saling pengertian dan keterbukaan diantara komponen terkait. Untuk menggalang kerjasama lintas sektor terutama dalam membina peran serta aktif masyarakat maka perlu koordinasi antara sektor yang bersangkutan .

Selanjutnya Majid selaku kepala Puskesmas Kecamatan Magelang Tengah menyampaikan bahwa rakor lintas sektoral bermanfaat dalam menjabarkan program kesehatan di wilayah kerja masing-masing. “Rakor lintas sektoral bermanfaat dalam menjabarkan program kesehatan di wilayah kerja masing-masing” Ujarnya. Adapun tujuan dari kerjasama lintas sektor  adalah untuk menggalang kerjasama dalam rangka penyelenggaraan pembangunan di bidang kesehatan masing-masing sektor, mengetahui peran masing-masing sektor dan saling mendukung untuk melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan, merumuskan kerja sama pembinaan pembangunan dalam bidang kesehatan.

“Salah satu pelayanan kesehatan yang memerlukan kerjasama yang baik adalah Penanggulangan TBC, penanggulang HIV/AIDS, Gizi Buruk , Pelayanan Imunisasi TT dll,”tambahnya.

Rakor dihadiri kurang lebih 30 peserta dari puskesmas, koramil, polsek, lurah se kec. magelang tengah,  posyandu, pkk dan KUA kec. Magelang tengah. Titik Soeprapti selaku penyuluh dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa bagi warga yang akan melaksanakan pernikahan, imunisasi TT sangat penting bagi kelangsungan kesehatan pasangan hidup. “Bagi warga yang akan melaksanakan pernikahan, imunisasi TT sangat penting bagi kelangsungan kesehatan pasangan hidup nantinya” kata titik.(Dix/Af)