Ratusan Siswa MI Ikuti Kegiatan KSM dan Aksioma

TEGAL – Perhelatan Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (Aksioma) yang diikuti oleh ratusan siswa dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Tegal berjalan sangat meriah, Sabtu (20/05) bertempat di  Kampus MI Ihsaniyah 01-02 Debong Tengah Tegal Selatan Kota Tegal.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wali Kota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno tersebut, dihadiri KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan, Ketua Panitia Penyelenggara, H. Sobirin serta siswa//siswa MI se-Kota Tegal yang berlangsung sekitar lima jam, yaitu dari jam 08.00 pagi sampai jam 13.00 WIB.

Dalam sambutanya, Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno mengatakan sekaligus menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini yang membawa satu motivasi dalam dunia pendidikan yang berbasis akhlak.

Menurutnya, kita sebagai orang tua harus betul-betul memperhatikan generasi kedepan, dengan pembinaan ahlak yang melekat dalam kepribadian dan kehidupan sehari-hari,” jelasnya

Menurut Wali Kota, kegiatan ini bukan hanya semata-mata sebagai ajang meraih juara saja. Tetapi yang terpenting bagaimana kita menunjukan kompetisi ini untuk meningkatkan kualitas diri, khususnya dalam dunia pendidikan agama.

Sementara itu, di waktu yang berbeda Ketua Panitia Penyelenggara, Shobirin  dalam laporannya mengatakan kegiatan ini digelar untuk meningkatkan mutu dan citra madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani dan intelektualitas.

Adapun tujuan lain dari kegiatan ini merupakan wahana untuk mengembangkan potensi dan kreativitas siswa dengan bakat dan minatnya, juga untuk meningkatkan kualitas diri dengan memiliki sikap sportif dan kepercayaan diri.

Menurut Sobirin, dalam bidang yang dilombakan dalam kegiatan ini yakni untuk sains, terdiri dari matematika dan IPA. Sedangkan untuk Aksioma terdiri dari MTQ dan pidato berbahasa indonesia, “pungkasnya. (IM/rf).