Ratusan Siswa MTsN 5 Rembang Ikuti Vaksinasi

Rembang – Ratusan siswa MTsN 5 Rembang menjalani vaksinasi Covid19 pada Selasa (5/10/2021) di aula Pukesmas Sale. Kegiatan ini ditujukan untuk siswa/i usia 12-17 tahun.

Jumlah keseluruhan siswa MTsN 5 Rembang adalah 533 siswa. Namun sebagian sudah divaksin, sehingga sisa 485 siswa mengikuti vaksinasi di Puskesmas Sale.

Kepala Madrasah MTs Negeri 5 Rembang, Teguh Santosa  menyampaikan, pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini. Kami mengajak orang tua dan siswa untuk tetap mematuhi prokes 5 M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, Menghindari kerumunan, dan Membatasi mobilitas) dan mendukung Vaksinasi covid-19. Dengan Vaksinasi ini, selain menambah kekebalan tubuh, juga sebagai syarat untuk PBM tatap muka bisa berjalan normal.

Banyak siswa yang menceritakan pengalaman setelah disuntik vaksin. Seperti Fahri kelas VIIA mengatakan divakin tidak sakit. “Ternyata disuntik vaksin tidak sakit seperti bayangan saya, semoga seluruh siswa siswi mau divaksin agar sekolah bisa normal kembali dan Indonesia bisa terbebas dari Covid 19,” kata dia.

Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis CoronaVac (kerap disebut SinoVac), yang diproduksi langsung oleh Biofarma. Kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Tahap pertama kelas VII, tahap ke dua kelas VIII dan tahap ke tiga kelas IX. Siswa siswi juga diwajibkan untuk membawa fotokopi kartu keluarga untuk memenuhi syarat registrasi.

Adapun beberapa tahapan vaksinasi yaitu pra-registrasi (dilakukan untuk mengetahui sasaran yang akan mendapatkan vaksinasi), meja screening (dilakukan pengecekan suhu,tekanan darah, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi), meja injeksi (proses vaksinasi berlangsung), dan observasi (giat menginput data pasien yang selanjutnya akan mendapatkan setifikat vaksinasi).

“Vaksinasi itu pada umumnya bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh atau kekebalan kelompok (herd immunity). Dengan vaksinasi covid-19 ini seluruh masyarakat diharapkan terhindar dari penyakit Covid -19 dan dapat beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” terang Puskesmas Kecamatan Sale. – (habibi)