Ribuan Siswa MIN Jetis Mengajak Berpuasa

Sukoharjo – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jetis Kabupaten Sukoharjo menggelar Pawai Ta’aruf menyambut Bulan Ramadhan 1438 H,  (Sabtu, 20/5). Sedikitnya seribu siswa yang didampingi seluruh guru dan karyawan turut menyemarakkan kegiatan tersebut. Seluruh siswa membawa berbagai poster dan tulisan yang telah disiapkan sebelumnya.

Peserta pawai berbaris rapi setiap kelas dan berjalan kaki dari madrasah menuju Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo yang berjarak sekitar 3 km. Begitu banyaknya peserta, barisan memanjang hingga mencapai hampir satu kilometer. Di sepanjang perjalanan, peserta mengumandangkan takbir dan sholawat yang dipandu oleh guru dengan bantuan pengeras suara.

Agenda tahunan yang diselenggarakan MIN Jetis tersebut disambut dengan antusias oleh orang tua murid dan masyarakat sekitar. Tidak sedikit orang tua murid yang turut mendampingi putra-putrinya selma perjalanan.

Pada sambutannya, Kepala MIN Jetis, Danuri mengajak kepada seluruh peserta untuk melakukan pawai dengan tertib dan menyerukan untuk berpuasa di sepanjang perjalanan.

“Kalian harus turut serta mengingatkan saudara, tetangga untuk berpuasa. Dan kalian sendiri harus berusaha untuk berpuasa sebulan penuh,” pesan Danuri sebelum melepas peserta pawai.

Menurut Koordinator Kesiswaan MIN Jetis, Karseno Handoyo, Pawai Ta’aruf bertujuan memberikan edukasi pada anak didik dan ajakan berbuat kebaikan dengan mengajak berpuasa Ramadhan.

“Kami juga mencetak hampir 1.500 lembar jadwal imsyakiyah dan membagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Karseno dihadapan awak media cetak dan elektronik. (pry/ Wul)