Rakor Penandatanganan Pakta Integritas SMP dan MTs

Kudus – Guna memastikan integritas pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTs tahun pelajaran 2016/2017 dan menindaklanjuti prosedur Operasional Standar pelaksanaan UN, panitia UN Kabupaten Kudus menyelenggarakan rakor penandatanganan pakta integritas dengan Kepala SMP/MTs se Kabupaten Kudus belum lama ini diikuti sebanyak 112 peserta dari unsur SMP sebanyak 47 peserta dan MTs sebanyak 65 peserta bertempat di Aula PKPRI jln Mejobo Kudus. Kegiatan diawali dengan penandatanganan pakta integritas  secara simbolis. Dari SMP diwakili oleh Sujarwo Kepala SMP 2 Kudus sedangkan dari MTs diwakili oleh rondiyah Kepala  MTsN 2 Kudus.

Dalam sambutan Ketua UN Kabupaten Kudus Hartono Sekdin Disdikpora Kabupaten Kudus mengatakan pelaksanaan UAMBN dan USBN yang yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 20 April 2017  nanti akan dipantau oleh ombutsmen RI perwakilan Jawa Tengah. Ombutsmen adalah suatu lembaga independen yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan UU No 5 tahun 2010 tentang pelayanan publik, untuk itu diharapkan pelaksanaanya agar mentaati sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) pelaksanaan UN. Untuk prosedur pelaksanaaya nanti  akan dirangkum oleh MGMP kemudian diserahkan kepada MKKS kemudian dari MKKS diserahkan kepada satuan pendidikan tetapi karena ada kerahasiaan keamanan sehingga nanti akan dikoordinasikan oleh MKKS dan KKM. Harapan beliau pelaksanaan ini bisa sukses hasil dan sukses administrasi. Beliau juga mengharap  agar kegiatan ini tidak sekedar ceremonial saja namun benar benar ada semangat untuk jujur serta paham tentang pelaksanaan ujian nasional yang mewarnai seluruh pelaksanaan ujuan sesuai dengan motto UN yaitu “ Prestasi Penting jujur yang utama”. tegasnya

Kegiatan dilanjutkan sosiallisasi tentang pedoman pelaksanaan UAMBN oleh Dian Vitayani, Kasubbag perencanan evaluasi dan pelaporan pada Kantor Disdikpora yang   meliputi ujian sekolah, ujian nasional, sistem pengawasan ujian nasional, penggandaan ujian sekolah serta pakta integritas.  (St.Zul/bd)