Rohis SMA/SMK Kabupaten Banyumas Ikuti Pembinaan Wawasan Islam Rahmatan Lil Alamin

Purwokerto – Islam adalah agama rahmatan lil alamin, artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh umat, tutur Bambang Sucipto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas saat memberikan sambutan sekaligus pembinaan bagi pengurus Kerohanian Islam (Rohis) SMA/SMK negeri dan swasta se Banyumas dengan jumlah 40 peserta yang dilaksanakan di Daun Kemangi café & resto Purwokerto (Rabu, 15/03).

Mengawali sambutannya, Bambang menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah program dari Kementerian Agama agar semua warga negara yang beragama bisa hidup rukun, saling menghargai dan toleransi. Hal ini bisa ditanamkan sejak dini dimulai dari dunia pendidikan khususnya bagi siswa, karena akan memberikan wawasan rahmatan lilalamin yang mendasar dan mendalam. Siswa dididik untuk memiliki sikap anti kekerasan/radikal, dan untuk saling menghargai dan mencintai sesama umat beragama, selain itu memiliki pemahaman Islam yang lengkap dan keasadaran akan Indonesia yang multikultur punya ciri dan karakteristik yang lain-lain serta punya adab yang berbeda-beda, ungkap Bambang.

Bambang menambahkan, “Walaupun kita hidup di antara perbedaan suku, ras dan agama, tapi kita harus menjunjung tinggi toleransi keagamaan dan wawasan nasional. Islam itu bukan untuk sekelompok orang tapi itu untuk seluruh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari, Islam menghormati agama lain”.

Islam adalah agama yang cinta damai, jangan sampai para generasi penerus bangsa ini mau disusupi paham/aliran yang menyesatkan, juga narkoba. Menegakkan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, bukan berarti disikapi dengan fanatik buta. Tetapi harus dilakukan dengan semangat toleransi, kerukunan serta kedamaian. Karena agama Islam mengajarkan keselamatan kepada semua orang, tanpa harus mengkotak-kotakkan satu dengan yang lain. Kualitas amal dan ibadah harus terus ditingkatkan agar keislaman kita semakin baik dan bermanfaat bagi banyak orang, tegas Bambang mengahiri sambutannya di depan 40 peserta .

Sebelumnya Purwanto Hendro Puspito, selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan penguatan wawasan Islam rahmatan lilalamin dan multikulutural ini dilaksanakan dengan tujuan diantaranya menanamkan pemahaman wawasan Islam Rahmatan lil alamin dan isu radikalisme yang utuh agar siswa-siswi dapat mengenali pemahaman keagamaan mereka, jaringan, dan proses perekrutannya. Selain itu diharapkan siswa bisa membentengi diri dari pengaruh gerakan radikalisme yang masuk ke sekolah atau lingkungan luar sekolah, dan sekaligus meningkatkan peranan rohis sebagai motivator dan melakukan sosialisasi dengan prestasi yang mereka miliki untuk menangkal radikalisme di sekolah.

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa narasumber yaitu Siti Nurhidayati, Pengawas PAI SMA/SMK Kabupaten Banyumas, dan Mintaraga Eman Surya dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Acara berjalan tenrtib dan lancar, peserta yang hadir antusias mengikuti jalannya pembinaan dan beberapa diantaranya aktif mengajukan pertanyaan kepada narasumber. (hk/bd)