Sayonara Ambon, Kota Penuh dengan Kenangan

Ambon – Maluku merupakan provinsi dengan sebutan seribu pulau, bagi pecinta destinasi wisata perairan provinsi ini banyak menawarkan landskape keindahan laut yang sangat menawan. Dikenal sebagai wilayah rawan konflik, Ambon juga menawarkan kedamaian, keramahan dan kearifan lokal serta memiliki karakter tertentu yang mencerminkan kerukunan dan toleransi yang harmonis.

Ambon memiliki suatu pesan perdamaian untuk dunia. Pesan itu digaungkan dari Gong Perdamaian Dunia yang terletak di pusat Kota Ambon, Maluku. Gong ini menjadi gong perdamaian ke-35 di dunia, masyarakat Ambon bahkan bangsa Indonesia pun bangga dengan monumen gong perdamaian tersebut.

Diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 25 November 2009, gong berdiameter 2 meter dengan warna keemasan, di dalamnya terdapat bendera bendera seluruh negara dan juga simbol simbol keagamaan. Di tengahnya terdapat bentuk bumi yang bertuliskan “World Peace Gong” dan “Gong Perdamaian Dunia”. Terdapat juga lambang pancasila sebagai ideologi negara di bagian atas penyangga gong tersebut.

Kontingen Daerah (konda) Jawa Tengah menyempatkan singgah di Monumen Gong Perdamaian untuk lebih memahami arti perdamaian dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sekaligus menunjukan citra Ambon yang dulu identik dengan kerusuhan dan kekerasan dapat sirna dan hidup dalam damai. Dengan melakukan foto-foto sambil memamerkan piala juara umum Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) II tahun 2016 yang telah diraih, Konda Jateng mengakhiri perjalanannya di Ambon untuk kembali menuju Semarang.

Selamat tinggal Ambon, semoga kita berkesempatan singgah ke pulaumu nan indah, Sayonara Ambon…Pesonamu tak terlupakan. (gt/gt)